home Berita Terkini, Mancanegara Mobil Listrik Renault Fluence ZE pun Tutup Buku

Mobil Listrik Renault Fluence ZE pun Tutup Buku

mobkom-image-Mobil-Listrik-Renault-Fluence-ZE-pun-Tutup-Buku
Foto: Istimewa

Tampaknya nasib baik tidak selalu mengiringi varian mobil elektrik. Tidak seperti saudara jauhnya, Nissan Leaf, yang membukukan rekor, mobil listrik Renault Fluence ZE harus menutup buku seiring dengan gulung tikarnya stasiun pengisian Better Place.

Better Place adalah sebuah stasiun pengisian elektrik yang menjadi kustomer utama dari Renault Fluence ZE.  Hal tersebut Better Place memenuhi syarat Renault untuk menjadi sebuah stasiun pengisian baterai. Dengan layanan QuickDrop sang pengguna Renault Fluence ZE dapat mengganti baterai di stasiun Better Place dengan yang baru hanya dengan waktu kurang dari lima menit.

Sayangnya kerjasama mereka sejak tahun 2008 harus berakhir. Ditenggarai kegagalan pencarian inverstor baru adalah penyebab tutupnya Better Place. Mau tidak mau hal tersebut juga berdampak pada kelangsungan hidup Renault Fluence ZE.

Disisi lain Renault Fluence ZE juga menorehkan penjualan yang cukup buruk. Didistribusikan di Israel dan Denmark, hanya sebanyak 1,240 unit yang terjual di dua negara tersebut. Menurut sumber resminya, pabrikan asal Perancis tersebut telah kehilangan investasi ratusan juta euro dalam pengembangan dan produksi dari Renault Fluence ZE, dalam hal ini termasuk baterai. Better Place sendiri telah menderita kerugian 800 juta dolar AS.

Bagi para pemilik Renault Fluence ZE di Israel tidak perlu khawatir karena sang importir Carasso Motors sudah memberi pernyataan. Dalam lansiran resminya mereka mengatakan pabrikan akan tetap mendukung mobil yang telah dijual di Israel dengan pelayanan yang penuh. (MOS)

Editor: Amozy Audrey

Amos Anugrah

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan