Mobkom-Image-VW-Golf-Cabriolet-Karmann,-Sebuah-Edisi-Penghormatan

VW Golf Cabriolet Karmann, Sebuah Edisi Penghormatan

Mobkom-Image-VW-Golf-Cabriolet-Karmann,-Sebuah-Edisi-Penghormatan
Foto: Autohaus Wolfsburg

Volkswagen sudah membuka pesanan untuk  edisi spesial atap terbuka dari model Golf. Dinamai Cabriolet Karmann, VW mencoba memberi penghormatan kepada sang mantan partner lamanya, Karmann.

Tersebutlah sebuah perusahaan coachbuilder legendaris asal Jerman bernama Wilhelm Karman GmbH. Pada era jayanya, Karmann adalah pabrikan otomotif terbesar di Jerman yang melayani banyak sekali pesanan. Termasuk dalam daftarnya adalah Porsche, Mercedes, Renault dan Chrysler. Sedangkan hubungannya dengan Volkswagen sudah dimulai sejak era perdana Beetle.

Setelah itu berbagai macam model pun dilahirkan, seperti coupe sport Karmann Ghia sampai prototipe VW Cabriolet. Sayangnya pada tahun 2009 Karmann mengalami kebangkrutan dan menjual fasilitasnya ke banyak pembeli. Volkswagen adalah salah satu di antaranya.

Kembali ke model, Carbriolet Karmann adalah sebuah Golf convertibel dengan sentuhan kustomisasi. Pembedaan tersebut tampak pada trim krom pada lampu depan dan kisi-kisi. Sedangkan pada kaki-kaki pelek 17 inci buatan Porto pun tampak menghiasi. Di dalamnya jok sport Alcantara dua warna dipasang untuk menyediakan kenyamanan dan keindahan. Kustomisasi masih tampak jelas dalam aksen krom pada tuas perseneling dan setir kemudi berlapis kulit. Sebagai penutup semuanya, plat besi berlogokan Karmann dipasang pada sill pintu untuk pengingat kepada setiap orang.

Mesinnya sendiri masih bersumber dari menu standar VW. Pilihan dari 105 sampai 160 hp pun disediakan. Sedangkan sebuah sound sistem premium, deflektor angin, dan sensor bantuan parkir diberikan sebagai standar. Cabriolet Karmann akan dibandrol sekitar 37.293 dolar AS. Sebuah nilai yang lebih mahal dari Golf Cabriolet biasa. Sementara ini hanya akan dilepas untuk pasar Eropa dan belum ada rencana untuk Amerika Serikat. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan