Mobkom-Image-Volvo-Gelar-Uji-Coba-Kendaraan-Otonom

Volvo Gelar Uji Coba Kendaraan Otonom

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Volvo-Gelar-Uji-Coba-Kendaraan-Otonom
Foto: Inhabitat

Volvo telah mengumumkan sebuah program baru yang akan menguji secara nyata kinerja dari kendaraan otonom atau kendaraan yang dapat melaju tanpa pengemudi. Digadang-gadang sebagai proyek pertama di dunia yang menguji kendaraan otonom dalam skala besar, program tes ini dijadwalkan berlangsung di kampung halaman Volvo, Gothenburg, Swedia.

Dijuluki Drive Me-Self driving cars for sustainable mobility,  proyek ini akan menampilkan 100 prototipe kendaraan otonom di sekitar kota Gothenburg. Tes akan dilakukan pada ruas jalan sepanjang 50 kilometer di sekitar kota, yang mewakili arteri komuter yang khas dan daerah yang rawan kemacetan lalu lintas.

“Kendaraan otonom merupakan bagian terpadu dari Volvo, serta visi pemerintah Swedia untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Percontohan publik ini merupakan langkah penting menuju tujuan tersebut, ” kata Hakan Samuelsson , Presiden dan CEO Volvo Car Group.  Ia menambahkan, hal itu akan memberi wawasan pada publik tentang tantangan teknologi otomotif masa depan, dan pada saat yang sama pabrikan otomotif mendapat umpan balik yang berharga dari pelanggannya.

Selain meningkatkan efisiensi lalu lintas, Volvo berharap bahwa program ini juga akan menyoroti berbagai kebutuhan infrastruktur yang mungkin diperlukan di ranah kendaraan otonom. Penelitian ini juga akan melacak kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan jenis ini dan bagaimana pengendara sekitarnya bereaksi terhadap mobil tersebut.

Volvo, dalam hubungannya dengan Swedish Transport Administration, Badan Transportasi Swedia, Lindholmen Science Park dan Kota Gothenburg, akan mulai mengembangkan kendaraan uji otonom tahun depan, dengan target program dapat berjalan pada tahun 2017. Kendaraan-kendaraan yang lulus uji akan masuk jalur produksi varian terbaru Volvo. Kendaraan akan didefinisikan sebagai ‘Mobil yang Sangat Otonom’ oleh Federal Highway Research Institute, yang berarti mereka akan mampu mengemudi sepenuhnya secara mandiri. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 11

Tinggalkan Balasan