Mobkom-Image-Tailgate-Pikap,-Komponen-Paling-Rawan-Dicuri

Tailgate Pikap, Komponen Paling Rawan Dicuri

Berita Terkini
Mobkom-Image-Tailgate-Pikap,-Komponen-Paling-Rawan-Dicuri
Foto: Pick Up Trucks

Mungkin tidak ada yang menyangka bila komponen yang paling banyak dicuri dari pikap full-size adalah tailgate, alias tutup belakang bak pikap. Seperti yang dilansir oleh Detroit News, tutup belakang pikap adalah komponen yang paling banyak diincar oleh pencuri di Amerika Serikat.

National Isurance Crime Bureau mengatakan, pencuri tutup belakang bak menjadi bertambah banyak untuk berbagai macam alasan. Alasan yang paling utama adalah karena tutup bak adalah komponen yang paling gampang untuk dilepas. Saking mudahnya, bahkan tidak dibutuhkan peralatan untuk melepasnya.

Malahan tutup bak yang sudah dilengkapi oleh kamera ataupun pijakan tangga adalah komponen yang cukup banyak peminatnya. Hal itu terlihat dari cukup berharganya dua tipe tutup bak tersebut dalam penjualan suku cadang di pasar gelap. Walau belum cukup signifikan, ini cukup terlihat dari tren yang sedang berkembang di kawasan dengan populasi pikap yang cukup banyak di Amerika.

Beberapa pabrikan sudah cukup paham perihal ini dan beberapa sudah berinovasi dengan desain khusus pada komponen tersebut. Bahkan setiap pabrikan sekarang sudah menawarkan penguncian manual dengan menggunakan kunci utama. Ram malah memberikan fitur tambahan yang bernama lock down, dimana dengan satu sentuhan saja sang pemilik dapat mengunci pintu, tutup bak, dan juga boks pikapnya.

Sementara mengharapkan pabrikan yang lain mengikuti langkah Ram dalam memberikan fitur pengamanan tambahan, beberapa produk aftermarket yang tersedia bisa menjadi pilihan alternatif. Ada yang menggunakan alat pengaman khusus, dimana alat tersebut dikuncikan di bagian bawah engsel tutup bak pikap sehingga pencuri menjadi susah untuk melepasnya. Dan jika dana berlebih, pilihan pengamanan elektrik pun tersedia dengan pengoprasian kunci elektronik. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 103

Tinggalkan Balasan