Mobkom-Image-Sedan-Kizashi-Bikin-Pusing-Suzuki

Sedan Kizashi Bikin Pusing Suzuki

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Sedan-Kizashi-Bikin-Pusing-Suzuki
Foto: Leflane News

Suzuki akhirnya  mengakui bahwa sedan Kizashi telah membuat mereka ‘sakit kepala’ sejak memulai debutnya. Diungkapkan Masaaki Kato, Direktur Suzuki Australia, mereka seharusnya tidak memperkenalkan mobil tersebut ke pasar pada tahun 2009.

“Seperti diketahui, kami membuat investasi besar untuk mengembangkan varian ini. Keputusan untuk meluncurkan Kizashi juga diambil setelah dilakukan diskusi yang berat dan keras. Namun, akhirnya memang kurang menguntungkan bagi kami,,” paparnya.

Dikirim ke dealer tak lama setelah krisis ekonomi melanda seluruh dunia dan mengusung harga terlalu mahal dibandingkan dengan kompetitor lain dari Jepang, Kizashi mengalami kegagalan di hampir seluruh pasar kunci otomotif dunia, termasuk Eropa, Amerika Serikat dan Australia.

Seandainya penjualan Kizashi berhasil, Suzuki telah mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan varian station wagon dan model V6 yang lebih bertenaga untuk melengkapi jajarannya.  Tetapi rencana tersebut harus ditata ulang, terkait suramnya penjualan Kizashi.

Namun, Kato mengatakan Suzuki tidak mungkin untuk langsung mengganti varian Kizashi. Langkah yang akan diambil adalah, perusahaan tersebut bersiap-siap untuk meluncurkan sedan yang sedikit lebih besar, untuk dilempar ke pasar China selama semester pertama tahun depan. Mobil tersebut memang belum disebutkan namanya. Namun, diprediksi akan mengambil bentuk besar sedan empat pintu, terinspirasi oleh konsep Authentics yang berjaya awal tahun ini di Shanghai Motor Show. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 25

Tinggalkan Balasan