Mobkom-Image-Standar-Emisi-Baru-Muncul,-Pemilik-Truk-Tetap-Tenang

Standar Emisi Baru Muncul, Pemilik Truk Tetap Tenang

Berita Terkini Mancanegara Teknologi
Mobkom-Image-Standar-Emisi-Baru-Muncul,-Pemilik-Truk-Tetap-Tenang
Foto: Dave Smith

Sebuah peraturan baru telah dikeluarkan di Amerika. Berkaitan tentang mesin diesel yang dimiliki oleh truk dan angkutan berat lainnya, Pemerintah Amerika telah menetapkan standar yang baru untuk emisi.

Dalam standar tersebut emisi yang dikeluarkan oleh mesin diesel harus lebih rendah. Hal tersebut menyangkut kandungan karbon dioksida dan tingkat minimum keekonomisan bahan bakar. Rencananya, nilai yang akan dikeluarkan oleh EPA dan U.S National Highway akan diumumkan pada 1 Januari 2014.

Bagi para pemilik truk di Amerika tampaknya peraturan baru tersebut tidak akan begitu memusingkan mereka. Pasalnya hasil dari sebuah riset menyebutkan mesin truk diesel lebih bersih dari yang diharapkan. Bahkan ketika itu dihadapkan pada perundang-undangan yang menetapkan standar barunya.

Dalam riset yang diadakan oleh Coordinating Research Council dan Health Effect Institute tersebut didapati hasil yang cukup menyenangkan. Riset menunjukan jika model-model baru dari truk 2010 mengurangi emisi dari karbon dioksida sebesar 60 persen. Angka tersebut didapatkan bila dibandingkan dengan model 2007, sementara hasil yang didapatkan akan berbeda lagi dengan model yang lain. Dalam perbandingan dengan model 2004 hasil 99 persen pun secara mengejutkan didapati.

Allen Schaeffer dari Diesel Techonology Forum pun angkat bicara. Sang direktur eksekutif itu menyatakan jika penemuan tersebut menjelaskan betapa bersihnya generasi baru dari teknologi. “Ini termasuk bahan bakar, mesin dan kontrol emisi, semuanya ternyata lebih bersih daripada yang diharapkan EPA dan California Air Resources Board standards,” paparnya. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 33

Tinggalkan Balasan