home Berita Terkini, Bus & Truk Sprinter 4X4 Siap Ramaikan Keluarga Van Mercedes-Benz

Sprinter 4X4 Siap Ramaikan Keluarga Van Mercedes-Benz

Mobkom-Image-Sprinter-4X4-Siap-Ramaikan-Keluarga-Van-Mercedes-Benz
Foto: Leftlane News

Mercedes-Benz telah mengeluarkan detil dari varian van Sprinter offroad-nya. Secara sederhana disebut Sprinter 4×4, offroader ini akan dijual secara eksklusif di pasar Eropa.

Dari luar, Sprinter 4×4 masih mengambil bentuk dari Sprinter reguler, tetapi tetap dengan beberapa penyesuaian. Sebuah kisi-kisi radiator anyar dipasangkan dalam sebuah bumper depan yang baru. Lampu kustom khusus pun terpasang dalam bumper khusus yang memuat lampu kabut dan lampu mundur.

Jelas seperti namanya, Sprinter 4×4 menggunakan sistem penggerak AWD. Sistem tersebut agaknya diturunkan dari SUV GL dan ML-Class yang dapat mengubah traksi secara otomatis. Dalam satu sentuhan tombol saja, traksi bisa berbagi 35/65 antara as depan dan as belakang. Ground clearance pun dinaikan empat inci dengan roll bar standar yang dipergunakan untuk menjaga ban dari jalanan yang curam.

Dari kokpit ada peningkatan dengan setir kemudi dengan rim tipis. Panel pendingin dihias dengan sentuhan krom, sementara penataan kulit yang baru tampak mendominasi jok.

Fitur Elctronic Stability Control sudah disiapkan sebagai standar. Sementara untuk tambahan disediakan fitur Downhill Speed Regulation, yang berfungsi menjaga kecepatan yang konstan dalam gir yang rendah. Tambahan opsional lainnya adalah Hill-Start Assist, ban off-road dengan profil dalam dan gir reduksi khusus.

Diberikan tiga pilihan mesin penggerak bertenaga diesel untuk van yang satu ini. Dimulai dari empat silinder 2.1 liter sampai kepada V6 3 liter. Untuk transmisinya dipakai manual enam kecepatan sebagai standar dan yang otomatis pun dijadikan sebuah pilihan.

Di Jerman, Sprinter 4×4 sudah dijual dengan harga dasar sekitar 11.450 dolar AS. Dengan harga yang lebih dari saudaranya yang berpenggerak dua roda, diharapkan varian ini akan dapat memuaskan para penggemar yang mencari kekuatan lebih. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Amos Anugrah

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan