Mobkom-Image-Menelisik-Minat-Pabrikan-pada-Segmen-Pikap-Kompak

Menelisik Minat Pabrikan pada Segmen Pikap Kompak

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Menelisik -Minat-Pabrikan-pada-Segmen-Pikap-Kompak
Foto: istimewa

Membahas segmen kompak dalam varian pikap tak ada habisnya. Varian kompak bisa menguntungkan sekaligus berbahaya bagi para pabrikan. Hal tersebut terlihat dari perlakuan Ford dan Chrysler yang hengkang dari segmen itu dengan masing-masing pertimbangan. Sementara di lain pihak, Toyota dan GM tampak optimis menghadapi segmen tersebut. Berikut ulasan dan perkiraan tentang masing-masing pabrikan dalam menghadapi segmen kompak di tahun 2014.

 

General Motors

Optimis dan berani mengambil resiko. Perusahaan ini sebenarnya hampir bingung tentang potensi yang didapat di segmen ini. Tetapi mereka kelihatannya akan terus melaju dengan model baru yang akan keluar mengikuti seri Colorado dan Canyon.

Ford

Ford tetap kukuh pada pendiriannya dan tidak akan menimbang ulang keputusannya untuk keluar. Mereka akan membunuh model Ranger dan berfokus pada segmen fullsize. Varian F-150 sendiri adalah kebanggan mereka disegmen tersebut. Pikap itu mempunyai kemampuan untuk berkompetisi dalam harga maupun keekonomisan bahan bakar.

Jeep

Kelihatannya akan kembali membuat pikap. Tetapi tentunya mereka harus membuat platform baru. Untuk itulah diharapkan platform anyar tersebut harus jauh berbeda dari apa yang RAM tawarkan dalam pikap-pikap mereka.

Ram

Tidak terlihat keputusan apa yang akan mereka ambil. Sepertinya mereka akan menunggu respon pasar setelah Colorado dan Canyon rilis ke pasaran. Keunggulan dalam teknologi malah akan membuat mereka terseok-seok dalam membuat produk yang menguntungkan.

Toyota

Memiliki 65 persen sharing pasar dalam segmen kompak membuatĀ  mereka merasa aman. Tacoma didaulat sebagai pemimpin segmen. Sebuah pikap dengan kombinasi yang sempurna dari apa yang kustomer Toyota inginkan.

Honda

Perlahan tapi pasti mereka mulai mencapkan kuku di sana. Ridgeline mulai dapat diterima oleh kustomer pikap Amerika, dan tentunya bagi para fans Honda sendiri.

Nissan

Frontier adalah sebuah pencapaian. Menduduki peringkat kedua setelah Toyota dalam segmen pikap kompak membuat mereka berbangga hati. Tentunya ke depannya mereka sedang bersiap-siap untuk membuat inovasi baru.

Perhatian para pemain pikap lama akan segmen ini turut membawa juga sebuah spekulasi akan kehadiran pemain baru. Bisa dibilang pabrikan non pikap lainnya dapat mengembangkan model baru untuk turut dibawa dalam segmen ini. Hyundai dan Subaru kelihatannya menjadi kandidat favorit. Kita tunggu saja kejutan-kejutan baru yang akan terjadi di tahun 2014. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan