Mobkom-image-Selo,-Sportcar-Listrik-Lokal-Bercitarasa-Italia

Selo, Sportcar Listrik Lokal Bercitarasa Italia

Mobkom-Image-Selo,-Sportcar-Listrik-Lokal-Bercitarasa-Italia
Foto: Kick Dahlan

Hadir atas titah Dahlan Iskhan, sang menteri BUMN, sebuah sportcar lokal pun lahir. Ditasbihkan sebagai penerus Tucuxi, Selo pun hadir sebagai sebuah prototipe mobil sport lokal bertenaga listrik kedua. Nama Selo diambil dari bahasa Jawa yang berarti batu.

Dari luar mobil ini tampak seperti sebuah mobil buatan Italia, Lamborghini. Dibalut dengan warna kuning terang, mobil ini tampak menyala. Dibuat dari tangan rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam yang bermarkas di Sleman, Selo 70 persen menggunakan produk dalam negeri. Sementara komponen-komponen seperti motor listrik, girbox dan pelek masih harus diimpor dari luar. Semuanya memakan biaya sebesar 1.5 miliar.

Spesifikasi, performa dan jarak tempuh belum diberikan, tetapi mobil ini menggunakan dua baterai lithium ion sebagai tenaganya. Daya dihasilkan dari sebuah motor listrik yang memiliki kekuatan 150kW. Berbeda dengan pendahulunya, mobil ini menggunakan girbox sebagai penggeraknya. Dengan sistem transmisi empat percepatan, mobil diharapkan akan lebih baik dari pada pendahulunya.

Terlahir dengan tujuan penelitian, Selo sendiri sudah dipamerkan kepada masyarakat luas berkali-kali. Memakan waktu lima bulan dalam pembuatan, Selo memulai debutnya di Sleman. Dari Sleman mobil ini sudah berjalan-jalan keliling Indonesia, hingga terakhir dipamerkan pada gelaran Car Free Day di Surabaya minggu lalu. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan