home Berita Terkini, Mancanegara Nilai Jual Kendaraan Listrik tak Menguntungkan

Nilai Jual Kendaraan Listrik tak Menguntungkan

Mobkom-Image-Nilai-Jual-Kendaraan-Listrik-tak-Menguntungkan
Foto: Leftlane News

Kendaraan listrik mungkin lebih murah untuk dioperasikan ketimbang kendaraan berbahan bakar gas. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan, nilai jual kembali kendaraan listrik akan jauh merosot ketika sudah dipergunakan ketimbang kendaraan berbahan bakar minyak dan gas.

Contohnya Chevrolet Spark EV. Kendaraan ini dibandrol dengan harga 28.305 dolar AS, dan merupakan kendaraan listrik paling sederhana harga di pasar saat ini. Namun, itu tak lantas membuat Spark EV salah satu kendaraan dengan nilai jual kembali yang baik. Dalam lima tahun, nilai jualnya merosot hanya tinggal 28 persen dari nilai awal. Berbeda dengan kendaraan konvensional yang masih bisa menyisakan nilai jual hingga 40 persen.

Ford Focus Electric bahkan memiliki proporsi nilai lebih buruk. Varian kompak bertenaga baterai tersebut diperkirakan hanya mampu mempertahankan nilai jual sekitar 20 persen dari nilai awal hanya dalam jangka waktu lima tahun. Sebagai perbandingan, sebuah Focus Titanium Ford diprediksi mampu mempertahankan sekitar 36 persen dari harga pembelian .

Nissan Leaf, yang saat ini menjadi kendaraan listrik paling populer di pasar, tetap tidak membantu nilai residunya. Menurut analisis Kelley Blue Book, Leaf hanya akan mampu mempertahankan 15 persen dari MSRP dalam setengah dekade. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan