Mobkom-Image-Mazda,-Pabrikan-Paling-Hemat-Bahan-Bakar

Mazda, Pabrikan Paling Hemat Bahan Bakar

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Mazda,-Pabrikan-Paling-Hemat-Bahan-Bakar
Foto: Motor Trend

Tidak disangka-sangka, Mazda terpilih sebagai pabrikan paling hemat bahan bakar. Sebuah hal yang mengejutkan, mengingat ini adalah kali ketiga selama tiga tahun berturut-turut Mazda meraih penghargaan tersebut.

Pencapaian itu diperoleh dari hasil statistik yang dikeluarkan EPA. EPA merupakan singkatan dari Environmental Protection Agency, sebuah badan pemerintah Amerika Serikat yang ditugaskan untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dalam stastik tahunan tersebut, Mazda menempati peringkat pertama dengan hasil 27.5 mpg. hanya setengah poin di atas Honda yang menempati peringkat kedua dengan 27 mpg. Sementara, posisi ketiga dihuni oleh Toyota, dengan rata-rata mpg senilai 25.2.

Yang membuat pencapaian tersebut menarik adalah Mazda tidak menawarkan model elektrik ataupun hybrid dalam jajaran variabn mereka. Sebuah fakta yang impresif,  tanpa satupun model ramah lingkungan tersebut mereka dapat merajai puncak statistik EPA.

Ini tentunya tak lepas dari pengaruh teknologi SkyActiv yang diusung oleh Mazda. Teknologi tersebut benar-benar menguntungkan pabrikan asal Jepang itu dengan menawarkan sebuah pembuangan diesel yang benar-benar bersih. Menurut Mazda, hampir 75 persen penjualan Mazda diisi oleh kendaraan yang diperlengkapi oleh SkyActiv.

Mazda sekarang boleh berbangga hati atas pencapaiannya di Amerika Serikat. Tapi mungkin untuk tahun depan mereka mungkin berharap-harap cemas, karena dua nama yang telah hilang dari daftar mungkin akan kembali. Dua pabrikan korea, seperti Hyundai dan Kia, masih terbentur investigasi EPA yang tidak jelas akan klaim keiritan bahan bakar atas dua pabrikan tersebut. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan