Mobkom-Image-Mazda-Flair-Crossover,-Sang-Kembaran-Suzuki-Hustler

Mazda Flair Crossover, Sang Kembaran Suzuki Hustler

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Mazda-Flair-Crossover,-Sang-Kembaran-Suzuki-Hustler
Foto: Istimewa

Serupa tapi tak sama. Itulah yang terjadi pada Mazda Flair Crossover dan Suzuki Hustler. Mazda baru-baru ini mengeluarkan sebuah versi produksi yang bernama Flair Crossover.

Tetapi tidak disangka-sangka, sebuah keanehan tampak pada penampilannya. Bila dicermati, tidak ada perbedaan yang berarti jika dibandingkan sebuah konsep dari Suzuki, Hustler, kecuali pada emblem mereknya.

Hustler sendiri adalah sebuah konsep yang dikeluarkan Suzuki pada Tokyo Motor Show 2013. Mengambil tema ‘kei car’, Hustler dibuat sebagai sebuah mobil mini dengan perawakan tinggi. Hal itulah yang diusung oleh varian Flair Crossover buatan Mazda. Sebuah ‘kei car’ lima pintu yang tinggi, berkisi-kisi mini, dan berkombinasi warna persis sama.

Menilik lebih dalam, embel-embel nama crossover diusung bukan sekedar pemanis buatan. Mazda Flair Crossover memang dibuat untuk menampilkan ilusi SUV pada ‘kei car’ ini. Badan yang tinggi didukung dengan kaki-kaki berpelek jari membuat sebuah karakter yang kuat. Pelapis plastik pada bumper juga turut diusung untuk memperkuat tampilan. Sementara pemilihan catnya bisa dilihat, sengaja diberikan dua warna untuk memberikan kesan city car ala Jepang.

Dari bawah kap sendiri belum ada perbandingan mengingat Suzuki sendiri tidak memberikan detil soal mesinnya. Hal yang pasti adalah Flair Crossover ini memberikan dua pilihan mesin CVT 660cc; dengan atau pun tanpa turbocharger. Sementara pilihan AWD ataupun FWD turut juga disodorkan. Keekonomisan bahan bakar menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam ‘kei car’. Hasil yang dicapai cukup mengesankan dengan 29.2km/l.

Mazda Sendiri menargetkan penjualan 500 unit per-tahun. Dengan harga berkisar 1.285.200 sampai 1.607.550 yen, mobil ini akan memasuki penjualan Jepang di akhir Januari mendatang. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 12

Tinggalkan Balasan