Mobkom-Image-Lincoln-Hadirkan-Meterial-Pengganti-Fiberglass

Lincoln Hadirkan Material Pengganti Fiberglass

Berita Terkini Karoseri Teknologi
Mobkom-Image-Lincoln-Hadirkan-Meterial-Pengganti-Fiberglass
Foto: Ilustrasi/Istimewa

Divisi Mobil Mewah Ford, Lincoln, telah mengumumkan sebuah inovasi terbaru dalam otomotif. Mereka akan menggunakan sebuah material alternatif pengganti fiberglass dalam besutan terbaru mereka.

Inovasi tersebut tidak datang cuma-cuma. Sebuah kerjasama selama tiga tahun telah dilakukan Lincoln dengan  Weyerhaeuser dan penyalur sukucadang Johnson Controls. Material yang bernama Cellulose Reinforced Polypropylene (CRP) itu dibuat dari pohon. Dijanjikan bahwa CRP akan lebih ringan dan ramah lingkungan daripada fiberglass.

Untuk modelnya, SUV MKX 2014,  akan didaulat menjadi yang pertama dalam pemakaian CRP. Konsol tengah dan sandaran tangan yang akan mendapat bagian pertama dalam percobaan itu. Untuk aplikasi penuhnya akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan pada model-model selanjutnya. Sebagai buktinya, Ford mengklaim jika CRP unit dalam MKX 2014 lebih ringan 6 persen daripada pendahulunya.

“Jika kita menggunakan ini pada bagian yang lebih besar pastinya akan sangat berpengaruh ke berat kendaraan,” Ellen Lee berkomentar. Sang ahli teknik plastik dari Ford Motor Company tersebut menjelaskan,  CRP merupakan bahan yang kuat. Lebih lanjutnya dia memaparkan, selain kuat Lincoln MKX pastinya akan ekonomis bahan bakar karena ringan.

Ford sendiri sebenarnya telah menggunakan  CRP dalam beberapa prototipe kendaraannya. Tetapi Lincoln MKX 2014 ini akan menjadi kendaraan produksi pertama yang mengaplikasikan teknologi terbaru tersebut. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan