Yogyakarta Akan Hadirkan Shuttle Bus untuk Memudahkan Wisatawan

Hino S’elega, Bus Pariwisata Anti Ngantuk

Berita Terkini Bus & Truk
Mobkom-Image-Hino-S'elega,-Bus-Pariwisata-Anti-Ngantuk
Foto: Hino-Global

Diliris bersamaan dengan saudara mininya, Poncho Mini, Hino S’elega hadir meramaikan keluarga Bus Hino. Tidak tanggung-tanggung, bus ini dilengkapi oleh fitur pengamanan lengkap termasuk sensor anti ngantuk.

Hino S’elega adalah bus kelas berat Hino yang diproduksi pada awal tahun 1990. Berkapasitas besar, bus ini biasanya diperuntukkan untuk keperluan pariwisata. Di akhir tahun 2013 ini Hino mengeluarkan ubahan terbarunya untuk Hino S’elega.

Fitur keselamatan tampaknya menjadi sebuah perhatian yang besar dalam pembaruan mereka kali ini. Teknologi terkini pre-crash safety system pun tertanam. Sistem keamanan ini diprogram untuk dapat mengenali gestur tubuh si pengendara. Apabila gestur tubuh sudah berubah dan tatapan mata pengemudi sudah menjurus ke arah mengantuk, bus ini dapat menyadarinya. Respon dari sistem ini adalah sebuah peringatan suara untuk menyadarkan kembali sang pengemudi.

Selain pre-crash, fitur keamanan lainnya adalah damage-mitigating brake sistem. Sistem ini didesain untuk mengurangi kecepatan bus dalam waktu-waktu yang sangat genting. Pada saat akan tabrakan, bus ini sanggup secara tiba-tiba mengurangi kecepatannya sedetik sebelumnya. Dengan hal ini kerusakan akibat tabrakan akan sanggup diredam.

Sementara fitur-fitur standar lainnya mengikuti seperti peringatan pindah jalur, ada mobil yang mendekat, dan sebagainya bus ini dinilai cukup mumpuni dalam kelasnya. Diresmikan dalam perhelatan bergengsi Tokyo Motor Show 2013, bus ini diharapkan akan sanggup bersaing dengan manufaktur-manufaktur bus pariwisata lainnya. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 38

Tinggalkan Balasan