Mobkom-Image-Fusion-Hybrid,-Kendaraan-Otonom-Canggih-Racikan-Ford

Fusion Hybrid, Kendaraan Otonom Canggih Racikan Ford

Berita Terkini Komunitas Teknologi
Mobkom-Image-Fusion-Hybrid,-Kendaraan-Otonom-Canggih-Racikan-Ford
Foto: Leftlane News

Ford telah mengungkapkan kemajuan terbaru untuk memamerkan mobil otonom besutan mereka ke hadapan publik. Varian yang mengambil bentuk Fusion Hybrid itu dilengkapi teknologi paling maju dari pabrikan berlogo Blue Oval tersebut.

Bermitra dengan University of Michigan, sedan otomatis itu dilengkapi dengan teknologi kuartet LIDAR (Light Detection and Ranging), sebuah sensor infra merah yang mampu memindai jalan 2,5 juta kali setiap detik.

Cara kerja alat ini mirip dengan apa yang dilakukan kelelawar dan lumba-lumba, yakni menggunakan gelombang suara untuk mengenali lingkungan mereka.  Konfigurasi LIDAR memantulkan sinyal dalam radius 200 ft, untuk membuat dimensi peta daerah terdekat secara akurat.

Sensor dari alat ini mampu mengenali benda diam dan benda bergerak seperti kendaraan, pejalan kaki dan pengendara sepeda, juga cukup sensitif untuk membedakan antara gerakan kantong kertas yang tertiup angin atau hewan kecil yang melintas, dari areal hampir seluas lapangan sepak bola.

“Ford Fusion Hybrid sebagai kendaraan otonom merupakan langkah penting mewujudkan visi kami untuk pengembangan kendaraan masa depan,” papar Ketua Eksekutif Ford, Bill Ford. Ia menambahkan,  pihaknya melihat masa depan mobil yang mampu terhubung dan berkomunikasi satu sama lain serta mampu menganalisa keadaan sekitar, untuk membuat mengemudi lebih aman, mengurangi kemacetan lalu lintas dan mempertahankan lingkungan. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 9

Tinggalkan Balasan