Mobkom-Image-Fiat-Tinggal-Selangkah-Produksi-Jeep-di-China

Fiat Tinggal Selangkah Produksi Jeep di China

Berita Terkini
Mobkom-Image-Fiat -Tinggal-Selangkah-Produksi-Jeep-di-China
Foto: Leflane News

Fiat dikabarkan telah datang untuk berdamai dengan mitranya di China untuk memproduksi all-new Jeep Cherokee. Setelah hanya beberapa minggu negosiasi, Fiat akhirnya mencapai kesepakatan dengan Guangzhou Automobile Group Co untuk membangun Jeep Cherokee di pabrik baru di distrik Panyu, Guangzhou.

Fiat awalnya mendorong untuk membangun Cherokee di pabrik yang kurang dimanfaatkan di Changsha, tetapi rencana itu urung, setelah Guangzhou Auto bersikeras untuk menggunakan fasilitas yang baru.

Jeep Cherokee sekarang sudah siap untuk menjadi kendaraan pertama yang dibangun di pabrik Guangzhou. Dengan produksi yang telah disetujui oleh pemerintah China, dana yang digelontorkan untuk proyek ini mencapai 770 juta dolar AS. Rencananya, Fiat akan memiliki kapasitas untuk merakit 60 ribu kendaraan per-tahun.

Lembaga pembiayaan Fiat sendiri berupaya untuk menyokong produksi Cherokee lokal, guna membantu perusahaan mengamankan sebagian besar pangsa pasar China. Sejatinya, Jeep adalah mobil asing pertama yang memiliki basis manufaktur di China pada tahun 1983, tetapi untuk kendaraan off-road telah berakhir produksi dalam negerinya pada tahun 2006. Biasanya Jeep Grand Cherokee dibandrol 30 ribu dolar AS di wilayah Amerika Serikat. Namun setelah dijual di China harganya melonjak tinggi menjadi 95 ribu dolar AS. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 13

Tinggalkan Balasan