Mobkom-Image-Belasan-Mobil-Soekarno-Reuni-di-OICCS-2013

Belasan Mobil Soekarno Reuni di OICCS 2013

Berita Terkini Event
Mobkom-Image-Belasan-Mobil-Soekarno-Reuni-di-OICCS-2013
Foto: Istimewa

Soekarno, presiden RI pertama, memang  memiliki selera tinggi. Tak heran, mobil kenegaraan yang dipakainya juga mencerminkan hal tersebut. Itulah yang terlihat di Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICCS) 2013, yang bertempat di Hall B1, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Dalam acara yang digelar Jumat (19/12)- Minggu (22/12), sebanyak 13 mobil Presidential Limo berparade bersama mobil-mobil klasik lainnya.

Meskipun belum ada data valid mengenai koleksi mobil klasik dari sang presiden pertama Indonesia itu, tetapi ini adalah kali pertama mobil-mobil itu berhasil dikumpulkan. Adalah Azman Osman, sang konseptor OICC-show yang telah bersusah payah mengumpulkan ke 13 mobil presidensial tersebut.

Dia mengatakan, sudah enam tahun lamanya dia mengungkap keberadaan para primadona tersebut. “Sekaranglah saatnya masyarakat melihat langsung kedigdayaan mobil-mobil kenegaraan yang pernah dipakai presiden pertama kita, Soekarno,” imbuhnya.

Belasan mobil kenegaraan yang menjadi bintang pameran tersebut datang dari berbagai pabrikan. Sebut saja pabrikan kebanggan Amerika seperti Chrysler, Buick, dan Caddillac. Masing-masing dari mereka diwakilkan oleh model-model unggulannya, seperti Chrysler Windsor Limo (1947), Buick Super Sedan (1949), dan Cadillac Fleetwood Series 75 Limo (1957).

Soekarno juga memakai varian dari merek-merek yang sekarang sudah punah, seperti Imperial Crown dan Oldsmobile. Bahkan merek Rusia seperti ZiL pun masuk dalam koleksi. ZiL 111 Limo lansiran tahun 1961 turut hadir melengkapi primadona Indonesia tersebut.

Selain Mobil Kenegaraan Soekarno, banyak klub mobil antik yang unjuk gigi dalam OICC-show 2013. Masuk dalam daftar adalah Corolla Classic Community, Auto Retro Community, Datsun Jakarta, Independent Automotiver’s Retro Community, Toyota Crown Family, PPMKI, BX Addicted, Renault Club Indonesia, Citroen Indonesia, VW Bekasi, Volvo Club of Indonesia (VCOI), Bekasi Fiat Club, Volvo Enthusiast, Red Car Community, hingga White Car Community.

Di samping itu, masih banyak lagi klub-klub berpartisipasi,  yang totalnya mencapai 43 klub. Maka tidak heran embel-embel The Biggest and The Largest Internasional Classic Car Show in South East Asia disematkan sebagai tagline acara menarik ini. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 19

Tinggalkan Balasan