Mobkom-Image-Via-Motors,-Dedikasi-Total-untuk-Pikap-Elektrik

Via Motors, Dedikasi Total untuk Pikap Elektrik

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Via-Motors,-Dedikasi-Total-untuk-Pikap-Elektrik
Foto: Way2Speed

Bila Tesla melansir rencana mereka membuat pikap elektrik dalam rentang lima tahun ke depan, mereka harus berhati-hati. Pasalnya, ada sebuah perusahaan yang sudah berfokus di pasar ini sejak dulu. Mereka adalah Via Motors.

Terkenal sebagai perusahaan yang berdedikasi pada kendaraan elektrik, Via Motors adalah sebuah perusahaan unik yang berinovasi dalam transformasi. Langkah penggebrak yang mereka lakukan adalah mengubah kendaraan GM menjadi sebuah truk elektrik plug-in yang dapat berjalan jauh.

Sebuah fokus tampaknya telah dilakukan oleh perusahaan ini pada sebuah ceruk pasar khusus yang bernama pikap elektrik. Mereka berhasil menjual secara legal versi elektrik dari Silverado fullsize, Express Van, dan Suburban. Untuk memantapkan langkahnya, Via Motors menjalin kerjasama dengan GM guna membangun sebuah segmen powertrain alternatif.

Untuk membuat kerjasamanya lebih efisien, baru-baru ini Via Motors membuka fasilitas instalasi di Meksiko. Pabrikan yang lebih tepat disebut fasilitas pengemasan ulang ini berjarak tidak jauh dari pabrikan GM di Silao. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pengantaran kendaraan, di mana  instalasi tersebut mengambil powertrain yang ada dan menggantinya dengan yang baru. Via melansir dapat memproduksi sebanyak dua kendaraan per-jam dalam instalasi tersebut. Ada delapan stasiun berbeda yang memasang beberapa bagian dari powertrain elektrik itu, sampai kendaraan siap untuk dimuat ke kereta yang menuju ke Amerika Utara.

Sebuah perusahaan perintis pun telah dibangun di Orem, Utah. Perusahaan itu telah menandatangani sebuah kontrak dengan perusahan nasional yang menyangkut beberapa penelitian lokal dan federal, tentang biaya jangka panjang dan dampak lingkungan pada kendaraan elektrik.

Via Motors telah membuat sebuah perubahan yang besar pada ceruk pikap listrik. Hasil yang paling nyata adalah hadirnya X-Trux 800dk pada Detroit Show, Januari lalu, yang penampakannya terlihat ganas ketimbang sebagai sebuah kendaraan yang ramah lingkungan. Di LA Motor Show bulan ini tampaknya mereka akan mebawa sebuah kejutan lain yang patut ditunggu. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 9

Tinggalkan Balasan