Mobkom-Image-Toyota,-Nissan,-Honda-dan-Mitsubishi-Bangun-Infrastruktur-Kendaraan-Listrik

Empat Pabrikan Jepang Bangun Infrastruktur Kendaraan Listrik

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Toyota,-Nissan,-Honda-dan-Mitsubishi-Bangun-Infrastruktur-Kendaraan-Listrik
Foto: Electric Report

Keberadaan infrastruktur kendaraan listrik di Jepang kian mendapat dukungan. Tak heran bila empat pabrikan Jepang; Toyota, Nissan, Honda dan Mitsubishi akhirnya menyepakati persyaratan untuk bersama-sama mendanai  stasiun jaringan isi ulangnya.

Diharapkan, kerjasama empat pabrikan otomotif besar tersebut dapat mempercepat laju produksi dan pemakaian kendaraan listrik. Pemerintah Jepang pun sudah menawarkan subsidi untuk organisasi dan bisnis yang ingin membangun jaringan stasiun pengisian. Namun, tampaknya empat pabrikan tersebut tidak akan meminta banyak, karena sudah mampu menutupi hampir seluruh biayanya.

Prioritas pembangunan akan diberikan kepada wilayah-wilayah komersial dan daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan, seperti kawasan wisata, areal tol, fasilitas penginapan, toko-toko dan pompa bensin. Bantuan keuangan hingga 17 ribu dolar AS akan diberikan untuk instalasi, ditambah bantuan tambahan yang akan diberikan untuk biaya pemeliharaan dan penggunaan listrik .

Pada musim semi 2014, para produsen mobil tersebut juga berharap untuk memiliki suatu program pengisian daya listrik yang berbasis pada keanggotaan.  Biaya yang terkumpul akan dimasukkan kembali ke dalam pengembangan program.

Ini adalah kejadian langka, di mana empat pabrikan besar yang selalu berkompetisi menjadi teman seranjang.  Tetapi dalam kasus ini Toyota, Nissan, Honda dan Mitsubishi masing-masing memang memiliki saham besar di pengembangan kendaraan listrik dan hybrid mereka, lewat varian Prius, Leaf, Fit dan i- MIEV. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 9

Tinggalkan Balasan