Mobkom-Image-Toyota-dan-BMW-Kerjasama-Ciptakan-Supercar

Toyota dan BMW Kerjasama Ciptakan Supercar

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Toyota-dan-BMW-Kerjasama-Ciptakan-Supercar
Foto: Leftlane News

Sebuah laporan terbaru memberitakan bahwa Toyota dan BMW berada di tahap awal kerjasama mereka dalam mengembangkan sepasang supercar, yang menggunakan sistem hibrida, campuran antara bensin dan tenaga listrik.

Namun, laporan tersebut belum menyebut detil kendaraan yang dimaksud secara jelas. Dapur pacunya diperkirakan memakai sebuah mesin dari evolusi mesin V8 4.4 liter, yang dipakai di beberapa varian Toyota. Sedang untuk tenaga listriknya menggunakan divertarain hibrida yang terdiri dari baterai lithium dan sebuah dinamo listrik.

Sektor konfigurasi penggerak roda kemungkinan besar masih akan mengaplikasi mode standar. Namun,  belum diketahui apakah sumber daya dari mesin bensin dan baterai akan saling mendukung dalam memutar roda, atau kedua sumber daya tersebut bergerak sendiri-sendiri. Begitu pula dengan transmisi, belum diketahui akan mengaplikasi jenis manual atau otomatis.

Dari sisi material, Toyota dan BMW diperkirakan akan mengandalkan bahan ringan, seperti serat karbon dan aluminium. Hal tersebut dalam rangka mengimbangi beban tambahan yang ditimbulkan oleh komponen drivetrain hibrida.

Meskipun kedua pabrikan otomotif itu akan berbagi platform untuk dua varian yang mereka ciptakan, ada kesepakatan bahwa desainnya akan berbeda satu sama lain. Versi Toyota akan dimunculkan sebagai pewaris Lexus LFA, sementara BMW  mengandalkan desain dasar model i8. Harga setiap mobil diperkirakan mencapai 300.000 dolar AS. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 37

Tinggalkan Balasan