Mobkom-Image-Tesla-Siap-Lakukan-Recall-pada-Tesla-S

Tesla Siap Lakukan Recall pada Tesla S

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Tesla-Siap-Lakukan-Recall-pada-Tesla-S
Foto: Leftlane News

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), lembaga yang mengurusi kemanan lalulintas dan jalan raya Amerika Serikat, memang belum memulai investigasi atas kasus terbakarnya baterai varian listrik Tesla S. Namun, Elon Musk, CEO Tesla yang terkenal vokal, telah mengeluarkan pernyataan kemungkinan dilakukannya recall atau penarikan kembali terhadap varian itu.

Menurut Elon Musk, pada konferensi pers yang diselenggarakan oleh New York Times, varian listrik, termasuk Tesla S, memang memiliki kemungkinan terbakar lima kali lebih besar dari mobil biasa karena sistem kelistrikan memang mudah memicu percikan api, dan NHTSA pasti memahami hal tersebut.

“NHTSA memiliki kewenangan yang nyata untuk mengatasi masalah akibat dari kesalahan yang dibuat oleh pabrikan kendaraan, baik disengaja atau pun tidak. Mereka memang disibukkan dengan itu, bukan dengan masalah fiksi yang diciptakan oleh media,” papar Elon Musk.

Walau sudah menjadi keyakinan Musk bahwa Tesla S akan di-recall, NHTSA bisa saja memutuskan sebaliknya. Bila NHTSA menyelidiki kendaraan itu dan menyimpulkan kebakaran bukan berasal dari sistemnya, Tesla S bisa dikatakan aman. Namun, bila HNTSA memutuskan bahwa ada cacat yang berkaitan dengan kebakaran, produsen mobil akan diminta untuk mengeluarkan pengumuman penarikan kembali, guna memperbaiki masalah yang ditemukan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan