Mobkom-Image-Produsen-Mobil-Dukung-Pengurangan-Etanol-pada-Bensin

Produsen Mobil Dukung Pengurangan Etanol pada Bensin

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Produsen-Mobil-Dukung-Pengurangan-Etanol-pada-Bensin
Foto: Quersaber

Para produsen mobil mendukung pengurangan campuran etanol berbasis jagung pada bensin. Hal itu sejalan dengan kebijakan lembaga peduli lingkungan di Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA), yang mulai melonggarkan tekanannya atas aturan peningkatan jumlah etanol yang dicampurkan dalam bahan bakar.

Kebijakan yang baru saja diumumkan EPA, memangkas sekitar 10 persen penggunaan etanol berbasis jangung pada bensin, yang dijadikan persyaratan biofuel 2014 atau Standar Bahan Bakar Terbarukan. Angka tersebut lebih rendah 16 persen dari keputusan sebelumnya. Kini, sebagian besar pompa bensin di AS hanya menjual bahan bakar bensin yang mengandung sekitar 10 persen etanol berbasis jagung.

Penurunan jumlah etanol yang dicampur ke dalam bensin itu sendiri disambut baik perusahaan penyuling minyak dan produsen mobil. Pasalnya, mereka telah lama berpendapat bahwa pencampuran etanol pada bensin dapat menurunkan kinerja mesin dan mengacaukan sistem bahan bakar .

Sementara di sisi lain, para petani jagung mempertanyakan kebijakan baru tersebut. Mereka berpendapat bahwa penggunaan bahan bakar terbarukan yang berasal dari jagung adalah baik dan bermanfaat bagi kesejahteraan mereka. Selain itu, bahan bakar nabati tersebut juga lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan bahan bakar fosil. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 34

Tinggalkan Balasan