Mobkom-Image-Pengisi-Bensin-Otomatis-Akhirnya-Ditemukan

Pengisi Bahan Bakar Otomatis Akhirnya Ditemukan

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Pengisi-Bensin-Otomatis-Akhirnya -Ditemukan
Foto: Car Advice

Sebuah sistem pengisi bahan bakar otomatis akhirnya ditemukan dan dipamerkan dalam konvensi Petroleum Equioment Instsitute (PEI) di Atlanta, Amerika Serikat, akhir bulan lalu. Melalui inovasi ini, pengisian bensin lepas kendali akan benar-benar akan terwujud.

Dikembangkan oleh perusahaan Amerika, Husky Corporation, dan perusahaan yang berbasis di Stolkholm, Fuelmatics AB, sistem pengisian bahan bakar otomatis ini memulai debutnya di hadapan para industri-industri berat petroleum, toko-toko yang turut menjual bahan bakar dan juga industri perbengkelan dan servis.

Unit pengisian otomatis ini berkerja dengan mekanisme yang sangat sederhana. Pertama-tama mesin ini mendeteksi dan membuka tutup tangki pengisian bahan bakar dengan sebuah mangkuk penghisap. Lalu, salah satu dari tiga selang pengisian masuk ke dalam corong tanpa tutup di dalam mobil, hal yang jamak ditemukan dalam mobil-mobil sekarang. Ketika tangki sudah penuh atau terisi sampai batas yang diinginkan, mesin akan berhenti secara otomatis melalui sistem penghentian yang berdasarkan vakum. Hal ini akan membuat waktu pengisian berkurang secara 30 persen.

Diungkapkan Sten Cofitsen, Pendiri Fuelmatics, pengisian dengan cara ini akan lebih cepat, lebih bersih, lebih enak digunakan dan lebih ramah lingkungan karena tidak ada sisa-sisa tumpahan. “Sistem Fuelmatics membuat pengisian ulang secara manual menjadi sesuatu yang kuno,” tukas Cofitsen. Walau masih banyak pro dan kontra perihal sistem ini, peluncurannya di pasar diperkirakan tidak akan lama. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 71

Tinggalkan Balasan