Mobkom-Image-PedalCoach,-Bantu-Pengemudi-Efisienkan-Bahan-Bakar

PedalCoach, Bantu Pengemudi Efisienkan Bahan Bakar

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-PedalCoach,-Bantu-Pengemudi-Efisienkan-Bahan-Bakar
Foto: LinkeDrive

LinkeDrive, sebuah perusahaan baru di Amerika, baru-baru ini meluncurkan produk bernama PedalCoach, yang akan membantu pengemudi mencapai efisiensi bahan bakar melalui telepon pintar atau tablet.

“Produk ini telah digunakan secara komersial di lebih dari 100 truk dalam lima armada dan berhasil menghemat bahan bakar,” papar CEO dan pendiri LinkeDrive, Jeff Baer, dalam sebuah konvensi truk di Amerika Serikat.

Baer menjelaskan tentang sebuah pengetahuan umum dimana 30 persen dari penghematan bahan bakar ditentukan pengemudinya. “Peralatan, pengemudi dan bahan bakar, itu semua bisa berpengaruh. Tetapi tidak ada yang benar-benar menyadarinya,” ujar Baer.

PedalCoach berkerja dengan menyajikan secara sederhana data-data rumit yang diperoleh dari mesin dan bagian-bagian lainnya. Hasil tersebut akan nampak dalam bentuk indikator sederhana yang mengarahkan pengemudi untuk tetap dalam zona hijau.

“Cukup letakkan telepon pintar di dalam docking kabin truk, dan akan tersaji semua informasi yang diperoleh secara nirkabel dari unit pengendali elektronik mesin, seperti beban putaran mesin, kecepatan kendaraan, dan kecepatan putaran mesin, beserta data dari penyimpanan jaringan,” papar Baer.

Semua data itu diterjemahkan menjadi sebuah grafik meteran di layar ponsel pintar, seperti sistem indikator merah-kuning-hijau yang ada pada lampu lalu lintas. Untuk setiap mil yang ditempuh dalam zona hijau, pengemudi akan mendapat poin yang akan ditampung dalam odometer. Setiap kali mendapat poin, akan ada suara menyenangkan seperti suara mesin kas atau pun beberapa suara lainnya yang bisa dipilih sebagai sebuah masukan positif bagi pengemudi.

Pemasangannya sendiri sangat mudah, kurang dari 20 menit untuk setiap truk. Dari sisi armada juga akan didapat banyak info mengenai analisis truk, perbandingan antara pengemudi, perbedaan model truk, evaluasi cuaca, musim, dan regional dalam hal performa kendaraan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 4

Tinggalkan Balasan