Mobkom-Image-Indonesia-Kejar-Thailand-di-Pasar-Otomotif-ASEAN

Indonesia Kejar Thailand di Pasar Otomotif ASEAN

Berita Terkini
Mobkom-Image-Indonesia-Kejar-Thailand-di-Pasar-Otomotif-ASEAN
Foto: Ilustrasi/Dedi Sofyan

Indonesia dan Thailand masih terus bersaing di pasar otomotif ASEAN. Hal ini dibuktikan dari pasokan produk otomotif kedua negara tersebut yang memenuhi 88 persen dari seluruh kebutuhan kendaraan. Saat ini Thailand masih mempimpin di posisi pertama, diikuti oleh Indonesia.

Ketua 1 gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, menjelaskan porsi penguasaan Thailand jauh lebih besar karena produksi mereka yang berbasis ekspor, sehingga mereka bisa memimpin pasar. Bukti yang riil adalah Thailand memproduksi lebih banyak sedan, dan menjadi yang tertinggi di tingkat penjualan global.

“Produksi sedan Indonesia lebih rendah karena masih terbentur pajak yang tinggi,” ungkap Jongkie, dalam Diskusi Panel Dialog Bisnis Indonesia-Uni Eropa di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Menilik laporan tahun lalu, di pasar otomotif Thailand masih membukukan nilai ekspor terbesar, yaitu USD 136 milliar pada 2012. Indonesia berada di posisi kedua dengan nilai ekspor USD 4,7 miliar, diikuti oleh Malaysia sebesar USD 1,7 miliar. Tujuan utama ekspor mobil Thailand adalah Australia, Indonesia, dan Malaysia. Sementara tujuan utama ekspor mobil Indonesia adalah Thailand, Arab Saudi, dan Filipina. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Hits: 12

Tinggalkan Balasan