Mobkom-Image-Pabrikan-Otomotif-Cina-Mulai-Tingkatkan-Kualitas

Pabrikan Otomotif Cina Mulai Tingkatkan Kualitas

Mobkom-Image-Pabrikan-Otomotif-Cina-Mulai-Tingkatkan-Kualitas
Foto: China Autocar

Data-data terbaru menunjukkan pabrikan otomotif Cina saat ini mulai meningkatkan kualitas mereka dengan cepat dalam hal desain dan kehandalan. Pasalnya, stigma yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa mobil-mobil asal pabrikan Cina mempunyai reputasi yang buruk perihal kualitas dan permesinannya.

Seperti berita yang menghebohkan beberapa tahun lalu, tentang parahnya sedan BS6 Brilliance dalam tes uji coba keselamatan pengendara. Hasil yang didapat sangat memprihatinkan, hanya mendapat nilai satu dari total lima poin penilaian.

Sekarang stigma itu mungkin tidak lagi benar, karena laporan dari J.D. Power mengungkapkan bahwa mobil-mobil Cina sekarang telah mengalami peningkatan signifikan dalam hal kualitas di tahun-tahun terakhir ini.

Mungkin sejarah tahun lalu masih menorehkan catatan buruk, tidak ada satu pun pabrikan Cina yang mampu menorehkan nilai di atas rata-rata dari laporan kendaraan tahunan J.D. Power. Semuanya mencatatkan masalah desain, kecacatan, dan malfungsi. Tetapi tahun ini mengalami perubahan signifikan, di mana empat pabrikan mencatatkan prestasi yang mengagumkan. Pabrikan itu adalah GAC Motor, Venucia, Roewe, dan Luxgen.

Tony Zhou, direktur riset otomotif di J.D. Power China dalam The Wall Street Journal mengungkapkan, pabrikan Cina masih punya ruang untuk improvisasi, terutama dalam hal kebisingan dan keekonomisan bahan bakar. Faktor boros bahan bakar telah menjadi permasalahan utama di Cina sejak 2007 diikuti oleh suara decit rem dan suara angin yang berlebihan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan