Mobkom-Image-MOTIV.e,-Citycar-Listrik-nan-Unik

MOTIV.e, Citycar Listrik nan Unik

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-MOTIV.e,-Citycar-Listrik-nan-Unik
Foto: Caradvice

Yamaha MOTIV.e, sebuah citycar listrik, telah diluncurkan. Kendaraan ini merupakan kolaborasi antara perusahaan motor asal Jepang, Yamaha, dan Gordon Murray Design. Desainnya terinspirasi oleh kendaraan balap F1, lewat permukaan sasis yang cukup dekat dengan tanah.

Mobil ini memiliki panjang 2,6 meter dan lebar 1,4 meter, dengan berat 730 kg, mengaplikasi material komposit plastik yang juga lazim digunakan pada kendaraan balap. Yamaha dan Murray mengklaim bahan-bahan ini cukup kuat dan ramah lingkungan.

Mobil ini dibangun di atas kerangka baja, dan menggunakan suspensi independen pada roda berukuran 15 inci, untuk memberikan kenyamanan nan berbeda bagi penumpangnya. Di dapur pacu, MOTIV.e ini didukung oleh motor listrik 15kW  dan menggunakan baterai 7.2kWh. Meskipun output dayanya sedikit, city car listrik ini mampu menghasilkan torsi 658Nm, hanya kurang 4Nm dari yang dihasilkan oleh mesin V12 milik Mercedes S63 AMG, yang bobotnya sekitar tiga kali MOTIV.e.

Yamaha mengklaim MOTIV.e memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 105km per- jam, dan menyelesaikan patokan 0 – 100km  per-jam dalam waktu kurang dari 15 detik. Yamaha juga mengatakan mobil ini memiliki jangkauan tempuh lebih dari 160 km. Yamaha MOTIV.e kini dipamerkan di Tokyo Motor Show. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 8

Tinggalkan Balasan