Mobkom-Image-Malfungsi-Software,-Ford-Tarik-Ribuan-MKZ-Hybrid

MKZ Hybrid Ditarik Karena Malfungsi Software

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Malfungsi-Software,-Ford-Tarik-Ribuan-MKZ-Hybrid
Foto: Autoya

Ford tampaknya harus berusaha keras melengkapi kendaraannya. Pasalnya, ribuan Lincoln MKZ Hybrid harus dipanggil ulang karena gangguan pada software. Ada sekitar 7.100 unit yang ditarik dari model produksi tahun 2013 – 2014. Untuk regionalnya sendiri berasal dari Amerika Serikat dan Meksiko.

Menurut Ford, gangguan software tersebut memungkinkan transmisi otomatis berpindah sendiri bahkan ketika si pengendara tidak menekan pedal rem. Ford memperingatkan jika malfungsi tersebut dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

Ford menjelaskan kendaraan tersebut telah dibuat dengan sensor jangkauan transmisi yang menggalami gangguan. Hasilnya adalah  modul kontrol dari penggerak dapat keliru mengenali situasi netral kendaraan. Hal tersebut akan membuat transmisi berpindah dari posisi parkir tanpa menginjak pedal. Ini akan dapat meningkatkan pergerakan kendaraan yang tidak diinginkan karena perpindahan tersebut.

Sampai saat ini belum ada kecelakaan yang terjadi dikarenakan gangguan tersebut. Ford akan memperbaiki kesalahan itu dengan memprogram ulang modul pengendali powertrain dari Lincoln MKZ Hybrid. Lincoln MKZ Hybrid sendiri adalah versi hijau sedan unggulan Lincoln dari seri MK. Lincoln Motor Company sendiri adalah sebuah divisi khusus dari Ford Motor Company dengan segmentasi pada kendaraan-kendaraan mewah. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan