Mobkom-Image-Kendaraan-Tanpa-Pengem-di-Siap-Mengaspal-di-2015

Kendaraan Tanpa Pengemudi Siap Mengaspal di 2015

Berita Terkini Transportasi
Mobkom-Image-Kendaraan-Tanpa-Pengemudi-Siap-Mengaspal-di-2015
Foto: Slashgear

Industri transportasi berkembang dengan sangat cepat. Baru-baru ini di Inggris diberitakan adanya kendaraan tanpa pengemudi, atau yang dikenal di sana dengan nama driveless car, yang siap mengaspal di tahun 2015.

Dipamerkan di Milton Keynes, kendaraan futuristik ini ditujukan untuk transportasi publik di kota tersebut.  Vince Cable dari otoritas setempat  berujar, bahwa 20 kendaraan akan siap berkeliling pada rute khusus yang terpisah dari pejalan kaki di sekitar pusat perbelanjaan kota Buckinghamshire.

Kendaraan tanpa pengemudi tersebut dapat mengangkut dua orang sekaligus, dengan kecepatan maksimal 19 km/jam. Untuk meningkatkan kenyamanan, mobil ini dilengkapi dengan layar interaktif, yang memungkinkan para penumpang mengecek email atau sekadar berselancar di dunia maya hingga tiba di tujuan.

Untuk penggunaannya, para calon penumpang cukup memesan dengan aplikasi ponsel pintar yang sudah akan tersambung dengan sistem satelit. Selanjutnya, kendaraan tersebutlah yang akan bergerak menuju lokasi penjemputan dan mengantarkan sang penumpang ke tempat tujuan.

Direncanakan, pada pertengahan 2017 sudah akan ada 100 kendaraan tanpa pengemudi yang beroperasi, dan telah berbagi rute dengan pejalan kaki dan dilengkapi sensor untuk mencegah tabrakan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan