Mobkom-Image-Hyundai -Kembangkan-Mesin-Bensin-Berteknologi-Diesel

Hyundai Kembangkan Mesin Bensin Berteknologi Diesel

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Hyundai-Kembangkan-Mesin-Bensin-Berteknologi-Diesel
Foto: Sporty Car Logos

Mencoba membuat terobosan baru di teknologi mesin bensin, terdengar kabar Hyundai sedang mengembangkan sebuah motor GDCI (Gasoline Direct-Injection Compression) yang berkapasitas 1.8 liter dengan menggunakan metode diesel, dengan tujuan untuk mencapai keekonomisan yang mengagumkan.

Terungkap pada gelaran acara yang bertempat di pusat teknikal Hyundai di kota Michigan, mesin baru tersebut akan mengandalkan pembakaran terkompresi seperti diesel, dan tekanan dalam silinder akan digunakan untuk membakar bahan bakar sebagai pengganti busi.

Dengan bantuan dari turbocharger dan supercharger, dalam beberapa pengujian awal motor tersebut sanggup memproduksi tenaga 180dk. Lebih penting daripada itu, Hyundai menambahkan nantinya versi produksi dari mesin tersebut sanggup membawa peningkatan jarak tempuh sebesar 25 persen bila dibandingkan dengan mesin normal yang berkapasitas setara. Intinya jika dalam perhitungan yang setara,  ini adalah mesin normal yang memiliki keunggulan dalam segi keekonomisan seperti diesel.

“Kita masih dalam tahap awal perkembangan, tetapi GCDI terlihat sangat menjanjikan.” kata Nayan Engineer, manajer desain dan pengujian mesin Hyundai.

Untuk harga, masih terlalu dini untuk menyebutkan berapa detilnya. Tetapi Hyundai berantisipasi jika motor baru ini tidak akan berharga lebih mahal dari sebuah mesin diesel. Beberapa keunggulan yang didapat jika dibandingkan dengan sebuah diesel adalah bahan bakar yang lebih murah dan kemampuan untuk memenuhi emisi standar tanpa sebuah sistem injeksi urea.

Dalam merealisasikan hal ini, Hyundai telah berkerjasama dengan Delphi Corporation dan Universitas Wisconsin untuk mengembangkan konsep di balik mesin GCDI dan berharap untuk memiliki sebuah armada Sonata yang menggunakan mesin penggerak ini tahun depan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Hits: 22

Tinggalkan Balasan