Mobkom-Image-Gaet-Ankai,-Abu-Dhabi-Uji-Coba-Bus-Listrik

Gaet Ankai, Abu Dhabi Uji Coba Bus Listrik

Mobkom-Image-Gaet-Ankai,-Abu-Dhabi-Uji-Coba-Bus-Listrik
Foto: Abu Dhabi Department of Transportation

Demi meningkatkan pelayanan publik yang bersih dan berkesinambungan, Departement of Transport (DoT) Abu Dhabi mengumumkan operasi uji coba dari bus listrik perdana mereka. Bus ini akan beroperasi di Abu Dhabi dan sekitarnya dalam jangka waktu enam bulan.

Direktur DoT Abu Dhabi, Mohammed Fadel Al Hameli, memberikan klarifikasinya tentang uji perdana bus listrik tersebut. “Operasi uji coba dari bus listrik ini sejalan dengan strategi transportasi yang berkesinambungan dari DoT. Tujuan kita adalah memastikan total biaya kepemilikan dan mendapat pengetahuan langsung tentang keuntungan dari pengunaan layanan ini,” paparnya.

Hameli menambahkan, semua hal tersebut dimaksudkan untuk pembelajaran tentang teknologi dan juga memastikan bus apa yang paling baik dan efisien yang cocok dengan kondisi operasi dan atmosfir dari Abu Dhabi.

Bus listrik yang digunakan itu didatangkan dari pabrikan Cina, Ankai. Jenis yang digunakan bukan hybrid melainkan full elektrik dengan menggunakan teknologi plug-in. Teknologi ini sendiri diklaim paling efektif dalam hal pembiayaan dilihat dari total biaya kepemilikan. Pilihan penggunaan baterai juga lebih hemat dibandingkan metode lain. Baterainya bisa terisi hingga 80 persen selama 3 jam dan 99 persen dalam empat jam pengisian. Dalam uji coba itu, bus ini sanggup berjalan sejauh 200 km setelah baterainya diisi penuh. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan