Mobkom-Image-Ford-Siap-Bertanggungjawab-Atas-Kinerja-C-Max

Ford Siap Bertanggungjawab Atas Kinerja C-Max Hybrid

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Ford-Siap-Bertanggungjawab-Atas-Kinerja-C-Max
Foto: Mototrend

Lantaran dikritik pedas atas performa C-Max Hybrid yang boros bahan bakar, Ford siap bertanggung jawab. Mereka pasang badan dan berniat memberi ganti rugi bagi konsumen yang dirugikan atas pemakaian bahan bakar yang berlebihan.

Seperti dirilis Bloomberg, Raj Nair, Chief of Global Product Development Ford, membenarkan bahwa pihaknya telah merevisi volume pemakaian bensin pada varian C-Max Hybrid. Konsumsi bahan bakar mobil keluaran 2013 itu diperbarui guna pemakaian secara kombinasi di jalan raya biasa dan jalur tol.

Sebelumnya, digembar-gemborkan pemakaian bensin C-Max Hybrid mampu mencapai  47 miles per gallon (mpg). Tapi kenyataannya kurang dari itu. Varian ini hanya bisa meluncur di angka 43 mpg atau setara 69 kilometer per liter.

“Karenanya, kami siap memberi semacam ganti rugi kepada pelanggan secara tunai. Ford juga akan memberi hak jawab atas kritik pedas lantaran masalah ini,” tukas Raj Nair. Rencananya, produsen otomotif yang bermarkas di Dearborn, Michigan, AS itu akan memberikan ganti rugi sebesar USD 550 kepada konsumen pemilik C-Max Hybrid keluaran 2013.

Analis senior dari Keller Blue Book, Karl Brauer, berharap masalah semacam ini dapat menjadi pembelajaran bagi pabrikan lain.  “Seharusnya produsen otomotif memberi pelanggannya sesuai apa yang mereka promokan. Saya ingin tingkat akuntibilitas produsen makin baik. Tak hanya untuk Ford, namun juga untuk pabrikan lain,” paparnya.

Karena masalah tersebut, berdasarkan data Majalah Consumer Reports, tingkat popularitas varian Ford Fusion dan C-Max Hybrid semakin melorot dari sebelumnya 17 persen menjadi 21 persen. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 41

Tinggalkan Balasan