Mobkom-Image-Ford-Bidik-Segmentasi-Baru-di-China

Ford Bidik Segmentasi Baru di China

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Ford-Bidik-Segmentasi-Baru-di-China
Foto: Jobs Papa

Perkembangan ekonomi yang pesat telah membuka segmen-segmen baru dalam Industri otomotif di China. Guna memasukinya, Ford telah menyiapkan sebuah mobil murah untuk diluncurkan pada pertengahan 2014 mendatang.

Walaupun pasar mobil baru di China disinonimkan dengan mobil-mobil mewah jutaan dolar,  sebuah perbedaan pun muncul. Ada sebuah segmen baru yang dihuni oleh pekerja muda kelas menengah yang bernafsu ingin membeli mobil pertama mereka.

Sampai sekarang, segmen yang sedang berkembang ini dikuasai oleh pabrikan China seperti Chery. Namun, terlihat beberapa perusahaan luar seperti Volkswagen sedang bergerak untuk mencoba masuk dan menyasar segmen tersebut.

Untuk mobil murah dari Ford sendiri detil yang diberikan masih samar-samar. Tetapi beberapa rumor telah menguak seperti apa bentuk mobil tersebut. Ada indikasi, mobil tanpa nama tersebut akan dibuat dengan dasar model Ka generasi ketiga. Ka sendiri adalah sebuah hatchback sub-kompak Ford yang diperkenalkan di sebuah pameran mobil awal bulan ini. City car tersebut akan menusung sebuah mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter dan juga sebuah mesin yang lebih besar 4 silinder berkapasitas 1.3 liter yang dipinjam dari Fiesta. Pilihan mesin diesel nampaknya tidak akan diberikan.

Mobil tersebut diperkirakan akan mendarat di Beijing Motor Show pada April mendatang. Akan diproduksi di China atas sebuah joint-venture yang disebut Changan-Ford. Mobil ini akan dibandrol awal seharga 50.000 yuan, atau setara dengan 8.200 dolar AS. Untuk penjualan di luar China sendiri belum ada indikasi resmi dari Ford.

Disokong oleh investasi yang bijak, Ford telah mencatatkan penjualan yang baik di China pada 2013. Bulan lalu diumumkan sebuah mobil baru telah meroket penjualannya, mencapai 647.849 unit pada kuartal pertama tahun ini. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 9

Tinggalkan Balasan