Mobkom-Image-Fisker-Automotive-Akhirnya-Gulung-Tikar

Fisker Automotive Akhirnya Gulung Tikar

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Fisker-Automotive-Akhirnya-Gulung-Tikar
Foto: WDDE

Fisker Automotive, pabrikan pembuat mobil elektrik hybrid pertama di dunia, akhirnya gulung tikar pada akhir tahun 2013 ini. Semua aset-asetnya telah dibekukan oleh Departemen Energi Amerika Serikat (DOE) dan dijual ke Hybrid Tech Holding.

Memulai debutnya di tahun 2007 dengan pendiri Henrik Fisker dan Bernhard Koehler, Fisker memfokuskan diri pada pembuatan kendaraan elektrik hybrid premium. Produknya yang pertama, Fisker Karma, berhasil dilempar ke pasaran pada pertengahan tahun 2011.

Konsep yang ditawarkan cukup menarik, yakni mobil mewah yang bisa menggunakan dua penggerak yaitu elektrik dan bensin. Tapi agaknya mereka tidak cukup beruntung walau telah berhasil melempar produk pertamanya di pasaran. Fisker Automotive dalam beberapa tahun belakangan ini mendapat banyak sekali cobaan, dimulai dari kebakaran pada mobil sampai terhantam badai Sandy.

Pada tahun 2009 Fisker juga sempat mengalami kesulitan pendanaan. Tetapi untunglah ada dana dari DOE yang dikucurkan guna mendukung program pengembangan administrasi kendaraan dari Obama. Di tahun 2011 Karma berhasil diluncurkan. Sayangnya, itu semua tidak berlangsung lama karena pada Februari 2012 DOE membekukan pendanaan sebesar 193 juta dollar AS karena ketidaktepatan jangka waktu. Fisker juga telah telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 milyar dollar dalam pendanaan ekuitas swasta, tetapi itu belum cukup untuk menyelamatkan Karma ataupun untuk bergerak maju dengan model baru.

Pada September 2012 Fisker juga mendapat masalah yang cukup telak, terkait ketidakpuasan konsumer. Majalah Consumer Reports melaporkan review mereka terhadap Karma. Hal-hal tersebut meliputi pembatasan yang ketat dan buruknya jarak pandang, kontrol dasbor dan layar sentuh yang tidak ramah, gangguan-gangguan pada meteran, power window, lampu sein, dan radio. Selain itu, di bulan berikutnya mereka mendapat cobaan ketika badai Hurricane Sandy menerjang dan menghancurkan sebanyak 338 unit karma di New Jersey.

Tampaknya itu semua memang sudah menjadi pertanda buat Fisker untuk berhenti. Sekarang Fisker sudah mendapati status bangkrut dan memberikan semuanya ke Hybrid Technology LLC. Perusahaan investasi itu berkata tidak akan menghentikan jalannya operasi Fisker, melainkan mengganti namanya dan akan memulai sesuatu yang baru. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 8

Tinggalkan Balasan