Mobkom-Image-Elon-Musk,-Sosok-Inspiratif-Tesla-Motors

Elon Musk, Sosok Inspiratif Tesla Motors

Berita Terkini Profil
Mobkom-Image-Elon-Musk,-Sosok-Inspiratif-Tesla-Motors
Foto: Abc News

Kisah sukses tentang Tesla Motors selalu menjadi perbincangan yang menarik bagi solusi kendaraan ramah lingkungan dan pandangan akan industri mobil di masa depan.  Di balik itu semua, ada sosok seorang pria bernama Elon Musk.

Elon Musk adalah sosok inspiratif di balik kesuksesan Tesla Motor. Pria yang lahir di Afrika Selatan ini adalah penggagas dari banyak perusahaan-perusahaan besar, seperti Zip2, PayPal, Solar City dan di tahun 2003 dia mendirikan Tesla Motors, perusahaan otomobil yang kita kenal sekarang.

Gagasan akan adanya mobil elektrik adalah pemicunya untuk mendirikan Tesla Motor. Berperan sebagai kepala desain, Musk telah berhasil untuk menciptakan mobil sport pertama yang benar-benar elektrik, yang dinamakan Tesla Roadster. Ini adalah sebuah langkah besar yang akan menjadi sebuah terobosan akan ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil.

Kesuksesan itu tidak berjalan mulus, karena pada tahun 2007 Tesla sudah hampir kehabisan dana untuk riset dan biaya akan pembangunan sebuah mobil elektrik yang sangat tinggi. Musk harus mengambil keputusan yang besar, dengan mempertaruhkan dana pribadinya dalam Tesla dan mengganti Martin Ebenhard sebagai CEO di Tesla.

Selain masalah intern dalam perusahaan, kritik-kritik tajam pun dilontarkan kepad Tesla Motor, yang dianggap sebagai sebuah serangan akan kendaraan mainstream. Ketika Musk meluncurkan mobil listrik pun publik meragukan akan kesuksesan Tesla Motors ini ke depannya. Bahkan polling di TV pun menyebutkan publik tidak akan membeli produk mereka.

Semua hal itu tidak menghentikan Musk dan dia menerobos maju, Dia membuat Tesla go public dan dari situlah mereka mendapat dana untuk mengembangkan dan memproduksi lebih banyak mobil elektrik.

Sekarang Tesla diakui sebagai pembuat mobil listrik terinovatif dan bahkan berhasil menyediakan drive-train dan baterai untuk pabrikan besar, seperti Daimler dan Toyota. Dengan stasiun supercharger mereka yang dikembangkan di Amerika menyediakan solusi yang mudah untuk isi ulang dan juga tentu saja yang paling penting adalah zero emisi bagi lingkungan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan