Mobkom-Image-Dynamic-Steering,-Sistem-Kemudi-Responsif-dari-Volvo

Dynamic Steering, Sistem Kemudi Responsif dari Volvo

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Dynamic-Steering,-Sistem-Kemudi-Responsif-dari-Volvo
Foto: Flickriver

Lewat video advertorialnya yang menghebohkan berjudul The Epic Split, Volvo berhasil mengejutkan publik lewat aksi berbahaya Van Dammme yang dilakukan di atas dua truk yang berjalan mundur. Mengapa hal tersebut dapat dilakukan? Dynamic steering menjadi jawabannya.

Dalam video tersebut tampak sang aktor laga Jean-Claude Van Damme berhasil melakukan split diantara kedua truk yang sedang berjalan mundur. Hal tersebut berhasil mempertontonkan kehebatan dari sistem dynamic steering, yang memungkinkan kedua truk tersebut dapat melaju konstan dengan tidak menjatuhkan sang aktor. Hal itu tambah diperkuat dengan laju kedua truk tersebut yang bergerak mundur, yang tentunya tidak mudah dilakukan. Semuanya ditunjang oleh teknologi dynamic steering.

Sistem dynamic steering adalah sistem kemudi yang dikendalikan oleh komputer. Sistem ini mengkombinasikan kemudi konvensional yang bertenaga hidrolis dengan sebuah motor elektrik yang dipasang pada gir pengendali truk. Motor elektrik tersebut menerima 2000 sinyal per-detik dari sensor on-board truk, yang memungkinkan pengendalian yang lebih akurat. Sistem ini tidak hanya akan melenyapkan kickback yang didapat dari komponen kemudi pada saat terjadi benturan ataupun lubang di jalananan  yang buruk, tetapi juga membuat kendali lebih mudah. Komputerisasi yang dihasilkan juga memungkinkan komputer untuk mengenali kondisi-kondisi jalan, sehingga dapat membuat perubahan ke input ratio dan mengakibatkan roda kemudi berubah menjadi lebih nyaman.

Vilhelmsson, publik relation manager Volvo Trucks, melansir jika sistem kemudi yang baru ini menyajikan sebuah pengalaman mengemudi yang lebih rileks dan ergonomis bagi pada pengendara truk. Dalam kecepatan tinggi, sistem ini sanggup mengingat kecepatan tanpa perlu menekan pedal akselerasi terus menerus. Pada kecepatan rendah saat bermanuver, truk ini pun akan menghilangkan keletihan. Sistem ini akan memberikan kendali penuh atas truk, sehingga tidak perlu bersusah-payah memutar setir. Di masa depan, teknologi ini bukan hanya membuat mudah pekerjaan pengemudi truk, tetapi juga akan membuat jalan menjadi lebih aman. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

 

Tinggalkan Balasan