Mobkom-Image-Baterai-Revolusioner-pun-Dikembangkan-Volvo

Baterai Revolusioner pun Dikembangkan Volvo

Berita Terkini Teknologi
Mobkom-Image-Baterai-Revolusioner-pun-Dikembangkan-Volvo
Foto: Autoblog

Energi terbarukan dan ramah lingkungan terus menjadi perhatian produsen otomotif. Simak saja apa yang dilakoni Volvo. Saat ini mereka telah mengembangkan konsep baterai revolusioner yang bisa mengubah cara kerja kendaraan listrik di masa depan.

Meskipun kian inovatif, kendaraan listrik masih menghadapi sejumlah kelemahan. Salah satunya mengenai ukuran baterai dan ruang penyimpanannya. Perlu kompromi yang kadang membuat konsep desain mobil listrik jadi terganggu. Volvo menyadari hal tersebut. Karenanya, mereka mengembangkan suatu sistem dimana baterai merupakan bagian utuh dari kendaraan.

Sistem baterai Volvo, yang dirancang selama 3,5 tahun sebagai bagian dari sebuah proyek penelitian yang didanai Uni Eropa. Sistem baterai itu terdiri dari serat karbon bercangkang yang kaku dan ringan, dengan menyelipkan baterai nano yang terstruktur. Cangkang serat karbon tersebut dapat dibuat menjadi bagian dari struktur kendaraan, seperti pintu atau tutup bagasi, yang mempu menghilangkan kebutuhan ruang untuk baterai besar.

Seperti umumnya kendaraan listrik, teknologi baterai Volvo dapat diisi melalui steker atau pengereman regeneratif. Volvo saat ini sedang mencoba baterai yang menyatu pada tubuh kendaraan uji S80.

Selain membuat ruang penumpang dan bagasi jadi lebih luas dan nyaman, Volvo mengatakan teknologi baterai tersebut dapat memotong berat kendaraan bertenaga listrik sekitar 15 persen. Volvo mengatakan sistem itu hemat biaya, meskipun belum ada angka pasti disebutkan.

Saat ini Volvo hanya dalam tahap awal pengujian baterai, sehingga kemungkinan masih menunggu beberapa tahun sebelum pengguna kendaraan listrik melihat dan memakai teknologi tersebut. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 28

Tinggalkan Balasan