Mobkom-Image-Abu-Dhabi-Serius-Ciptakan-Kultur-Transportasi-Hijau

Abu Dhabi Serius Ciptakan Kultur Transportasi Hijau

Berita Terkini Mancanegara Transportasi
Mobkom-Image-Abu-Dhabi-Serius-Ciptakan-Kultur-Transportasi-Hijau
Foto: UAE Interact

Dalam pengumuman publik tentang uji coba bus listrik, Abu Dhabi menyampaikan keseriusannya dalam menciptakan kultur transportasi hijau nan bersih. Dijelaskan Direktur Departement of Transportation (DoT) Abu Dhabi, Mohammed Fadel Al Hameli, uji coba bus listrik ini merupakan langkah awal dalam mempromosikan kultur transportasi yang bersih.

“DoT mempunyai lima fase studi kelayakan pada alternatif bahan bakar dan penggunaan bus listrik termasuk salah satunya,” ujar Hameli.

Dituturkan Hameli, ada lima fase strategi dalam mengimplementasikan bahan bakar alternatif. Yang pertama adalah studi kualitas udara dan teknologi pengendalian polusi pada kendaraan, disusul oleh analisis laba-rugi pada bahan bakar alternatif dan pilihan-pilihan seperti EGR/SCR, uji coba CNG, uji coba elektrik, bahan bakar cell dan hidrogen.  Dengan dua tahap inilah dasar dari penggunaan bahan bakar alternatif ditentukan.

“Strategi yang ketiga adalah strategi transit, meliputi Bus Rapid Transit (BRT), prioritas penggunaan bus, disusul oleh park and ride dan zona zero-emisi. Strategi ini dimaksudkan untuk pengaturan dan perpindahan ke transposrtasi publik yang lebih nyaman,” beber Hameli.

Ditambahkan Hameli, strategi keempat adalah strategi yang dilakukan sebelum peluncuran. Strategi tersebut meliputi perundang-undangan dan kesadaraan publik. Di sini promosi akan kesadaran publik sangat vital perannya, karena akan berdampak kepada para pemegang kekuasaaan di Abu Dhabi.

Lima fase bahan bakar alternatif tersebut dibuat oleh DoT Abu Dhabi guna mengembangkan strategi dan metode yang tepat, untuk menciptakan kultur transportasi yang lebih bersih dan hijau. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 33

Tinggalkan Balasan