Mobkom-Image-Volvo Kembangkan Fully Assisted Parking Aid System

Volvo Kembangkan Fully Assisted Parking Aid System

Mobkom-Image-Volvo Kembangkan Fully Assisted Parking Aid System
Foto: 3D Car

Inovasi Volvo untuk memanjakan konsumennya tiada henti. Setelah sukses pengaplikasian fitur Active Park Assist yang memudahkan pengendara dalam memarkir mobilnya, mereka kembali mengembangkan sistem parkir otomatis yang lebih mumpuni. Teknologi tersebut dinamai Fully Assisted Parking Aid System.

Istimewanya, dengan teknologi parkir tersebut, para pemilik kendaraan dapat memarkir mobilnya, tanpa perlu berada di dalam mobil. Sistem ini memanfaatkan teknologi yang sudah teraplikasi, sebut saja sensor ultrasonik untuk mendeteksi ruang parkir yang tersedia.

Dalam prakteknya, pengemudi hanya perlu mengatifkan sistem dengan memposisikan kendaraan dalam transmisi netral, lalu menekan sebuah tombol di dashboard, dan tak lama mobil akan memarkir dirinya sendiri secara otomatis.

Aplikasi lain yang tengah dikembangan Volvo adalah sebuah sistem sistem penghindar rintangan. Sistem ini secara otomatis dapat mengambil alih kendali setir dan sistem rem, bila dirasa ada kemungkinan mobil mengalami tabrakan dengan pejalan kaki atau kendaraan lain.

Cara kerja sistem ini adalah menganalisa data yang disajikan oleh sensor-sensor ultrasonik, melalui tiga radar dan sebuah kamera. Jangkauan pandang perangkat ini cukup jauh, hingga 200 meter di depan kendaraan.

Awalnya, sistem hanya akan memberi peringatan bila potensi kecelakaan terdeteksi. Namun, ketika pengemudi tidak melakukan tindakan atau manuver dengan tepat dan cepat, sistem tersebut akan mengambil alih. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan