Mobkom-Image-Usai-Lomba-Kontingen-Fuelwatch-Sambangi-Pabrik-Volvo

Mobilkomersial.com Sambangi Pabrik Truk Volvo Australia

Berita Terkini
Mobkom-Image-Usai-Lomba-Kontingen-Fuelwatch-Sambangi-Pabrik-Volvo
Usai Lomba, MobilKomersial.com Fuelwatch Sambangi Pabrik Volvo

Sebagai lanjutan dari rangkaian acara Volvo Trucks Asia Pasific Fuelwatch Championship 2013, Mobilkomersial.com melakukan kunjungan ke pabrik truk Volvo dan Mack di Australia. Pada kesempatan itu, Mobilkomersial.com didampingi oleh Justin Murphy, GTO APAC C & VA Wacol Plant.

Selama di dalam pabrik, Mobilkomersial.com mendapatkan keterangan mengenai proses pembuatan truk Volvo atau Mack. Dijelaskan Justin, material yang digunakan untuk pembuatan truk bertahan di dalam stall penyimpanan sekitar dua minggu. Untuk memproduksi truk Mack, bahan yang dipakai 60 persen impor dan 40 persen material lokal. Sedangkan untuk memproduksi Volvo, material yang digunakan 70 persen impor dan sisanya bahan lokal.

“Untuk Sasis, diimpor langsung dari Swedia, dengan ketebalan pelat 13 mm. Lalu, masuk ke proses press dan pembentukan. Untuk keperluan sasis Mack dan Volvo tersebut, pabrik menyediakan satu line khusus,” jelas Justin.

Dijelaskan Justin lebih jauh, untuk urusan mesin tidak didatangkan langsung (bulit up), melainkan dirakit di pabrik tersebut dengan komponen yang didatangkan dari Swedia untuk Volvo, dan beberapa menggunakan mesin Cummins untuk truk Mack.

Uniknya, ternyata logo juga menyimpan arti penggunaan komponen pada truk yang mereka produksi. Bila truk Mack menggunakan komponen Mack secara keseluruhan, logo anjing bulldog-nya warna emas (gold). Namun, jika sebagian pakai komponen Volvo, logo anjing bulldog-nya akan berwarna krom.

Lebih lanjut diungkapkan Justin, sebelum dilempar ke konsumen, dilakukan pengetesan terlebih dahulu terhadap truk-truk tersebut. Tiap unitnya memakan waktu sekitar 40 menit. (ATN)

Catatan Perjalanan Antonius Sulistyo

Hits: 37

Tinggalkan Balasan