Mobkom-Image-Toyota Tidak Pedulikan Uni Eropa

Toyota Tidak Pedulikan Uni Eropa

Mobkom-Image-Toyota Tidak Pedulikan Uni Eropa
Foto: Istimewa

Peraturan Uni Eropa yang mengharuskan pembuat kendaraan menggunakan refrigerants yang lebih ramah lingkungan bagi kendaraan baru, ditentang sejumlah pabrikan. Seperti diberitakan AFP, Toyota bersekutu dengan Daimler untuk menentang dan memboikot aturan tersebut.

Menurut juru bicaranya, Toyota bersikeras memakai coolant atau penyejuk udara lama untuk model-model Prius Plus, Lexus GS dan GT86 di Eropa. Begitu pula dengan Daimler. Mereka tetap menggunakan coolant lama, yaitu R134a, dengan alasan coolant yang baru, R1234yf, lebih gampang terpercik api dan membahayakan kendaraan.

Ditambahkan juru bicara Toyota, pabrikan memegang tanggung jawab yang besar bagi keamanan pengguna kendaraan. Jadi, mereka tak mau sembarangan mematuhi aturan yang ditetapkan bila aturan tersebut memiliki resiko berbahaya.

“Untuk sementara, kami memutuskan untuk R134a untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan bagi pelanggan kami. Kami juga tak ingin pelanggan khawatir,” papar sang Juru Bicara. Ia menambahkan, Toyota akan melakukan tes intensif terhadap coolant yang baru dari segi keselamatan penggunaan dan efisiensi energi. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan