Mobkom-Image-Toyota Seriusi i-Road untuk Benahi Transportasi

Toyota Seriusi i-Road untuk Benahi Transportasi

Berita Terkini Mancanegara Transportasi
Mobkom-Image-Toyota Seriusi  i-Road untuk Benahi Transportasi
Foto: Toyota Corporation

Kemajuan teknologi yang terus berimbas di dunia otomotif membuat Toyota Motor Corporation tak mau ketinggalan. Setiap peluang dan inovasi konsisten mereka gulirkan.

Belum lama ini, mereka mengumumkan akan memproduksi Toyota i-Road. Walau pun kapasitasnya masih terbatas, varian ini merupakan bagian dari ujicoba sistem transportasi urban di Jepang.

Apa sebenarnya i-Road? i-Road sejatinya adalah kendaraan pribadi bertenaga listrik yang mengaplikasi tiga roda. Istimewanya, kendaraan yang mampu menampung dua penumpang tersebut mampu direbahkan seperti sepeda motor saat menikung tajam. Kecepatan kendaraan ini maksimumnya mencapai 45 km per jam dengan jarak tempuh 50 km untuk sekali isi ulang listrik.

Seperti dimuat dalam situs resmi Toyota, i-Road diciptakan untuk mendukung sistem Harmonious Mobility Network yang akan dioperasikan di Toyota City, Aichi, Jepang. Dengan sistem terpadu antara sarana transportasi dan kendaraannya, keruwetan lalu lintas di Jepang diharapkan bisa teratasi.

Sistem ini merupakan ‘car sharing system’ yang artinya menggunakan kendaraan listrik mungil sebagai alat transportasi dari dan ke pusat kota atau antara stasiun kereta dan kantor. Menurut rencana, i-Road akan diproduksi sebanyak 100 unit mulai awal 2014. Nantinya, akan dibuat tempat penyewaan kendaraan ini, yang jumlahnya terus ditingkatkan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 26

Tinggalkan Balasan