Mobkom-Image-Toyota-Direpotkan-Sarang-Laba-laba

Toyota Direpotkan Sarang Laba-laba

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Toyota-Direpotkan-Sarang-Laba-laba
Foto: Hlntv

Walau tindakan yang diambil Toyota kadang dianggap tidak masuk akal, semua itu merupakan bagian dari komitmen pabrikan otomotif asal Jepang tersebut untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya.

Salah satu contohnya adalah saat Toyota melakukan pemanggilan kembali terhadap 885.000 unit mobil Toyota di Amerika Serikat, baru-baru ini, hanya gara-gara adanya sarang laba-laba di sistem AC mobil. Padahal, memanggil ratusan ribu mobil untuk pemeriksaan cuma-cuma seperti itu  membutuhkan upaya dan biaya yang tidak sedikit.

Dalam kasus itu, Toyota ingin melakukan pemeriksaan terhadap dugaan adanya sarang laba-laba yang dikhawatirkan menyumbat slang drainase kondensor AC. Dampak paling buruk dari slang yang tersumbat itu adalah memicu aktifnya kantong udara di sisi pengemudi.

Tapi jangan dibayangkan peristiwa yang dramatis. Slang yang tersumbat dapat menyebabkan air menetes ke modul kontrol kantong udara, yang memicu arus pendek dan mengaktifkan lampu peringatan  di dasbor. Pada keadaan yang lebih serius, kantong udara dapat meletup.

Ternyata, wadah kondensor AC  yang hangat, gelap dan lembab, yang jadi masalah, karena merupakan habitat ideal laba-laba.  Sejauh ini, tindakan bengkel Toyota adalah memasang penyekat dan penutup wadah kondensor AC.

Hingga kini, Toyota belum menerima laporan kecelakaan serius. Hanya beberapa pelanggan melaporkan kantong udara yang meletup tiba-tiba dan menyalanya lampu peringatan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 23

Tinggalkan Balasan