Toyota Bangun Toyota Training Center

Mobkom-Image-Toyota Bangun Toyota Training Center
Foto: Ilustrasi/ Toyota Astra Motor

Pengembangan yang dilakukan PT Toyota Astra Motor di Indonesia tidak main-main. Buktinya, mereka mengucurkan dana Rp 100 miliar untuk membangun pusat riset bernama Toyota Training Center (TTC). Pusat riset tersebut berlokasi di kawasan MM2000, Cibitung Bekasi, Jawa Barat.

Diungkapkan Direktur Pemasaran Toyota, Rahmat Samulo, hal tersebut demi meningkatkan kualitas produk dan memuaskan pelanggan. Ditambahkannya, gedung TTC berdiri di atas lahan seluas 2,25 hektar.

“Bangunan seluas 1,44 hektare ini berisi ruang praktek, ruang kelas untuk frontliner dan jajaran manajemen, ruang kelas praktek umum, ruang kelas praktek body and paint, area test drive, ruang observasi, klinik, mini market dan asrama peserta pelatihan. Gedung ini juga dilengkapi fasilitas karaoke dan fitness,” papar Rahmat, awal bulan ini.

Lebih lanjut diungkapkan Rahmat, konsep fasilitas ini erat kaitannya dengan upaya Toyota untuk memuaskan pelanggan, dimana TTC dibangun untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan Toyota. Di wadah ini, terjadi proses merger fungsi training dari divisi Sales, Technical Service dan MPCR.

Konsep pusat pelatihan Toyota ini telah mulai dikembangkan sejak 2007, melalui studi yang komprehensif dari masing-masing fungsi training yang ada di Toyota. Konsep tersebut meliputi jenis training yang akan diselenggarakan, perhitungan jumlah peserta training, hari training, ruang kelas, fasilitas, alat dan kelengkapan, instruktur yang dibutuhkan serta alternatif lokasi yang paling memungkinkan.

Pembangunan TTC ini seluruhnya dibiayai Toyota Astra. Fasilitas selengkap ini baru ada di Indonesia. Di masa mendatang TTC dapat mendukung upaya perusahaan dalam mengantisipasi perkembangan pasar otomotif nasional. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan