home Berita Terkini Pasar Kendaraan Komersial Incar Armada Logistik

Pasar Kendaraan Komersial Incar Armada Logistik

Mobkom-Image-Pasar Kendaraan Komersial Incar Armada Logistik
Foto: Dedi Sofyan

Masih lesunya sektor pertambangan, membuat pabrikan kendaraan komersial ramai-ramai memburu pasar dari sektor pembangunan infrastruktur dan armada logistik. Persaingan yang ada jadi begitu ketat. Pabrikan otomotif merangsek segmen pasar kendaraan komersial non tambang, agar pencapaian target penjualan kendaraan niaga tetap solid.

Tak heran, pemain otomotif gencar menawarkan kendaraan yang banyak dibutuhkan oleh industri, seperti infrastuktur, logistik, manufaktur dan jasa serta perkebunan. Diungkapkan Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), ceruk pasar kendaraan komersial yang setiap tahun mencapi 30 persen dari total penjualan kendaraan nasional, memang membuat para pemain di segmen itu kian bersaing ketat.

“Lesunya industri pertambangan membuat segmen kendaraan komersial untuk sektor pertambangan menjadi anjlok. Bahkan, pencapain penjualan kendaraan komersial nasional periode Januari-Agustus 2013 menurun 1 persen,” papar Rizwan, belum lama ini.

Ia menambahkan, tak heran pencapaian penjualan segmen kendaraan niaga sekarang ini banyak dialihkan ke sektor industri yang masih potensial, yakni non tambang. Sekitar 50 persen pasar penjualan kendaraan komersial ada di pulau Jawa, karena proyek infrastruktur dan properti masih banyak dibangun. Sedang, 30 persen di Sumatera, yang banyak ditopang untuk kebutuhan perkebunan, konsumsi, infrastruktur dan sedikit pertambangan. Lainnya, 15 persen merupakan Kalimantan dan 5 persen Indonesia Timur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menurut Rizwan pihaknya dalam dua tahun mendatang merencanakan memperluas jaringan purna jual kendaraan komersial Mitsubishi, dengan total sebanyak 220 dealer purna jual dan 4.400 jaringan suku cadang yang tersebar di seluruh daerah. (ATN/DD)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan