home Berita Terkini Segmen Kendaraan Komersial Berpeluang Tumbuh

Segmen Kendaraan Komersial Berpeluang Tumbuh

Mobkom-Image-Segmen Kendaraan Komersial Berpeluang Tumbuh
Foto: Dedi Sofyan

Pelaku bisnis otomotif tetap optimistis segmen kendaraan komersial masih berpeluang tumbuh, sebagaimana rencana pabrikan menggulirkan sejumlah line up niaga pada 2014. Di saat penetrasi kendaraan niaga di pasar cenderung stagnan, kegiatan pembangunan infrastruktur dan pekembangan positif sektor riil menjadi penyelamat.

Permintaan pasar untuk kendaraan logistik diyakini akan terus tumbuh. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencacat selama 2012 pasar truk 6×2 sebanyak 5.986 unit. Jumlah ini diproyeksikan bakal meningkat pada 2014, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Motor utama penjualan kendaraan niaga dikontribusikan dari sektor perkebunan dan pertambangan, yakni sekitar 20 hingga 30 persen. Infrastruktur dan logistik serta transportasi publik di sisi lain, menguasai penjualan kendaraan niaga secara nasional sebesar 70 hingga 80 persen.

Diungkapkan Edy Jusuf Oekasah, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), untuk industri tambang dan CPO, permintaan kendaraan niaga memang melambat. Hal ini akibat melemahnya komoditas sektor industri tersebut. Namun, line up niaga lainnya justru meningkat.

Menurutnya, pasar 6x 4 dan dobel kabin yang biasa digunakan untuk angkut barang komoditas pertambangan dan perkebunan serta infrastruktur memang menurun. “Sebaliknya, untuk pasar 6×2 dan 4x 2 yang biasa digunakan untuk angkutan barang-barang dan jasa serta kebutuhan logistik maupun peritel justru naik, mendominasi sekitar 80 persen penjualan kendaraan niaga,” papar Oje, sapaan akrabnya.  (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan