Mobkom-Image-Produsen Mobil Non Jepang tetap Optimistis

Produsen Mobil Non Jepang tetap Optimistis

Berita Terkini
Mobkom-Image-Produsen Mobil Non Jepang tetap Optimistis
Foto: Ilustrasi/Dedi Sofyan

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan produk mobil yang berasal dari luar Jepang di Indonesia memiliki tren seperti kurva. Antara Juli hingga September 2013, grafiknya naik, turun, lalu beranjak naik lagi. Namun kondisi itu membuat produsen mobil non Jepang tetap optimistis.

Rinciannya, penjualan anjlok 12,43 persen dari 8.363 unit selama Juli menjadi 7.323 pada Agustus. Lalu angkanya kembali meningkat sekitar 22,37 persen menjadi 8.961 unit pada September.

Di tengah peningkatan penjualan tersebut, sebetulnya industri otomotif sedang mengalami ketidakpastian iklim bisnis. Kondisi moneter cukup membawa pengaruh, misalnya saja kenaikan suku bunga BI dan depresiasi rupiah terhadap dolar. Dengan kondisi itu, semua ATPM bertindak waspada, karena peningkatan penjualan belum tentu diiringi laba.

Diungkapkan Head of Corporate Communication BMW Indonesia, Jodie O’tania, pihaknya mengaku tetap optimistis atas pertumbuhan penjualan. Apalagi antusias pelanggan terhadap kendaraan produksi mereka cukup tinggi. Hal tersebut terlihat pada ajang IIMS 2013 lalu. Hal tersebut pula yang mendorong melonjaknya pesanan baru dari pelanggan.

“Angkanya saya pastikan bergerak naik. Namun jumlah detilnya belum dapat kami sebutkan saat ini. Adanya produk baru dan ajang pameran menjadi momentum tepat menaikkan angka penjualan,” papar Jodi O’tania. Jodi menambahkan, tak heran produsen yang berasal dari luar Jepang, terutama dari Eropa, memang lebih optimistis. Pasalnya, mereka memasarkan varian-varian premium untuk segmen pembeli yang cenderung tak terimbas moneter. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan