Mobkom-Image-Sektor Riil Tumbuh, Penjualan Pikap Menggembirakan

Sektor Riil Tumbuh, Penjualan Pikap Menggembirakan

Berita Terkini
Mobkom-Image-Sektor Riil Tumbuh, Penjualan Pikap Menggembirakan
Foto: Dedi Sofyan

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan komersial pikap dari pabrikan ke dealer (wholesales) pada September lalu ternyata mencatat angka tertinggi sepanjang tahun 2013. Jumlahnya mencapai 19.648 unit. Hal tersebut didorong sektor riil yang terus tumbuh.

Pikap Suzuki memberi kontribusi terbanyak, dengan penjualan 6.719 unit. Angka tersebut naik 45,3 persen dari bulan sebelumnya dengan penjualan 4.632 unit. Dengan jumlah tersebut, total penjualan Suzuki dari awal tahun 2013 mencapai 46.724 unit.

Merek merek lain pun cukup mendominasi segmen pikap. Sebut saja Mitsubishi, Daihatsu, dan Isuzu. Berdasarkan data Gaikindo, Mitsubishi menduduki tempat kedua dalam jumlah penjualan. Mereka mencetak penjualan 6.440 unit, dari sebelumnya hanya 4.132 unit. Itu berarti peningkatan sebesar 55,9 persen. Dari awal tahun sampai dengan bulan lalu, wholesales pikap Mitsubishi tercatat 48.345 unit.

Daihatsu tak mau ketinggalan. Mereka pun mencatat pertumbuhan 36,5 persen, Penjualan mereka di Agustus sebesar 3.018 unit, naik 4.119 unit di September. Sejak awal tahun, keseluruhan penjualan mereka tembus 34.852 unit. Sedang untuk Isuzu, penjualan pikap mereka naik 67,3 persen menjadi 455 unit dari 272 unit. Hingga September, mereka mencatat penjualan 3.717 unit.

Didasari analisa pasar, permintaan akan varian pikap memang selalu besar. Hal tersebut dipicu oleh aneka usaha pada lini-lini industri nasional. Selain itu adanya peningkatan kinerja sektor riil. Bisnis di segmen menengah bawah pun terus berjalan, sehingga kebutuhan akan pikap terus meningkat. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan