home Berita Terkini Penjualan Pikap Terus Meningkat

Penjualan Pikap Terus Meningkat

Mobkom-Image-Penjualan Pikap Terus Meningkat
Foto: Dedi Sofyan

Karena fungsinya yang amat penting untuk kegiatan bisnis, permintaan dan penjualan kendaraan komersial, terutama untuk varian pikap, terus meningkat. Banyaknya permintaan tersebut seolah menutup imbas gejolak moneter dan inflasi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan pikap bulan September hingga awal Oktober ini diperkirakan tumbuh 40 persen menjadi sekitar 17.000-18.000 unit, di atas pencapaian bulan Agustus 2013 sebanyak 13.465 unit. Angka tersebut masih lebih baik dibanding volume penjualan pada bulan yang sama tahun lalu sebesar 12.124 unit.

Berdasarkan data tersebut, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) optimistis penjualan pikap pada bulan ini meningkat lebih dari 40 persen dari pencapaian penjualan selama Juni 2013, sebanyak 17.798 unit dan Juli 2013 mencapai 18.909 unit.

Apalagi, di bulan September lalu, penyelenggaraan ajang Indonesia International Motor Show cukup punya dampak baik di penjualan mobil pikap. DiungkapkanĀ  Advertising & Promotion Dept Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Maman Fathurrohman, pihaknya telah menjual 83 unit aneka varian, dalam penyelenggaraan IIMS 2013. Varian terbaru mereka, All New D-Max, hingga lima hari penyelengaraan sudah terjual dua unit.

Endro Nugroho, Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki mengungkapkan hal senada. Menurutnya, kapasitas produksi pabrik Suzuki sampai kewalahan dan banyak konsumen terpaksa inden. Pasalnya permintaan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Permintaan pasar pikap dipenuhi oleh Suzuki lewat varian-varian seperti Carry dan Mega Carry, dengan penjualan mencapai lebih dari 5.000-6.000 unit per bulan, melalui dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan