Mobkom-Image-Minim Apresiasi, Bologna Motor Show 2013 Dibatalkan

Minim Apresiasi, Bologna Motor Show 2013 Dibatalkan

Berita Terkini Event Mancanegara
Mobkom-Image-Minim Apresiasi, Bologna Motor Show 2013 Dibatalkan
Foto: Fashion for Car

Akibat kurangnya minat dari peserta, ajang Bologna Motor Show di Italia akhirnya dibatalkan. Keputusan tersebut disampaikan penyelenggara acara akhir minggu ini. Awalnya, ajang otomotif tahunan Bologna ke-38 tersebut dijadwalkan berlangsung 7-15 Desember 2013.

Dengan hanya 133 peserta pameran yang mendaftar tahun lalu, ajang Bologna ini terhitung kecil bila dibanding dengan ajang serupa di Frankfurt, Jenewa dan Paris. Debut-debut global varian terbaru juga jarang terjadi pada pameran ini. Padahal, Bologna Motor Show adalah salah satu pameran mobil terbesar di Italia dan satu-satunya yang berlangsung setiap tahun.

Diombang-ambingkan oleh ketidakpastian ekonomi, pasar mobil Italia baru-baru ini memang telah mengalami pukulan yang berat. Akibatnya, penjualan mobil baru anjlok sekitar 50 persen sejak 2007. Merek-merek terkenal, seperti Fiat, Lancia, dan Alfa Romeo juga diragukan akan hadir lagi dalam acara itu. Kompetitornya yang berasal dari Perancis, Jerman dan Jepang hanya memiliki sedikit insentif untuk menghabiskan banyak uang, demi untuk bepergian ke Bologna dan menyiapkan stan untuk memajang mobil, dimana mereka sudah tahu konsumen tidak akan membeli.

Kejadian ini seakan-akan seperti deja vu, karena Turin Motor Show, yang dulunya adalah salah satu dari ajang pameran industri bergensi Eropa, ditunda pada tahun 2012 dan tidak dilanjutkan lagi sejak saat itu. GL events, penyelenggara Bologna Motor Show yang berasal dari Perancis, menyatakan secara tidak meyakinkan atau ragu-ragu jika acara ini akan dilanjutkan tahun depan. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan